Friday, July 10
Shadow

apa itu: codecs?

xxx wrote: …
codec tu cara kerjanya seperti gimana sich???.Saya cuma tau kalo windows mp gak bisa maenin file multimedia (entah suaranya gak ada ato gambarnya yang gak ada), dengan install codec terbaru pasti bisa di maenin.
Ada yang tau gimana???

—-

kalau kamu sudah tahu definisi codec, kamu akan tahu cara kerjanya juga (tercermin dari kepanjangan codec tersebut). sehingga saya mengembil kesimpulan bahwa kamu belum tahu definisi codec.

codec adalah singkatan dari dari “Compressor-Decompressor” atau bisa “Coder-Decoder,” yaitu sebuah device atau program yang mampu mengubah/mentransform sinyal atau aliran data. codec dapat merubah stream atau sinyal kedalam bentuk yang ter-“encode” (sering dipakai pada transmisi, storage, enkripsi) kemudian diterima, atau dapat men-“decode” bentuk tersebut agar dapat dilihat / dimanipulasi ke bentuk yang lain. codec sering digunakan dalam videoconference dan teknologi streaming.

bentuk asli data dalam bentuk audio dan video disebut essence. essence ini kemudian dapat ditambahkan dengan: metadata (mis: tag informasi: seperti foto dari kamera digital), dan “wrapper” (pembungkus) untuk meningkatkan kemampuan dalam proses stream.

kebanyakan codecs adalah lossy (merusak) hasilnya adalah file yang lebih kecil dari aslinya (contoh: file .bmp yang diubah ke .jpg)…
tentu saja ada juga “lossless codecs”, tapi peningkatan kualitas rasanya lebih dapat diabaikan jika dibandingkan peningkatan ukuran data. orang lebih suka nyimpan film VCD (2keping) dalam bentuk .avi terkompresi (total: 550MB) dibandingkan mengcopynya langsung (total: 1200MB)
yah… gambarnya jadi burem dikit gapapa lah…

perlu diingat juga, kualitas akan semakin turun jika sebuah file yang telah di-encode akan di-encode lagi…

kebanyakan aliran (stream) data multimedia terdiri dari data video & audio, sering juga ditambahkan juga stream untuk synchronization (untuk data video dan audio). setiap dari ketiga stream ini bisa dihandle oleh: program, process, atau hardware yang berbeda. tetapi untuk multimedia data stream yang dapat disimpan/ditransmisikan, mereka harus dienkapsulasi dalam bentuk container.

contoh container: .avi .asf .rmm .mkv .wma

nah, didalam container ini, barulah data tersebut disimpan dalam algoritma tertentu. mis: divx, sorenson, realmedia, dll

untuk memutar “encoded” film dengan baik kamu harus tahu film tsb pake container & algoritma apa. itulah kenapa sebuah file .avi hanya bisa dibuka oleh beberapa player tertentu saja…

gimana, sudah jelas…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.