Sunday, September 23

Mengubah TIMEZONE tanpa reboot

Jika anda menggunakan komputer terutama menggunakan OS berbasis UNIX/UNIX-like, pasti anda akan ditanya tentang TIMEZONE yang anda gunakan dalam system anda. pertanyaan selanjutnya adalah:

Q: bagaimana mengubah TIMEZONE system?
A: jika anda menggunakan solaris, Silahkan edit /etc/TIMEZONE, kemudian modifikasi variable TZ sesuai yang anda inginkan. untuk pilihan timezone, dapat dilihat di /usr/share/lib/zoneinfo. anda juga dapat menggunakan timezone sendiri dengan mendefinisikan variable environment TZ pada shell anda.

Q: apakah TIMEZONE ini berdampak global atau per-user basis?
A: untuk timezone di /etc/TIMEZONE dampaknya global, karena akan dibaca oleh proses init serta service lainnya pada saat booting. syslog juga akan menulis timestamp berdasarkan timezone ini. jika ingin per-user basis, maka silahkan definisikan variable TZ pada masing2 user.

Q: gimana caranya mengubah TIMEZONE tanpa reboot?
A: jawaban singkat: tergantung. variable TZ (timezone) bekerja berdasarkan per-process-basis. artinya tiap proses akan ada timezone-nya. jika mengubah TIMEZONE pada masing2 user, maka tidak perlu reboot. tapi jika ingin mengubah TIMEZONE pada semua proses yang ada di mesin UNIX maka harus reboot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.