Tuesday, December 7
Shadow

Tips beli text book di Australia (sydney)

Once upon a time in Sydney, Australia, ketika sedang hunting buku untuk kuliah yang akan dimulai…

Tidak seperti negara lain yang mensubsidi buku, pemerintah australia justru mengenakan pajak yang tinggi terhadap objek buku.
Sebuah tips dari rekan saya dewa wisana buat yang lagi nyari textbook kuliah

FYI, harga buku di Australia terkenal paling mahal karena pajak dan copyright protection. Di 7 News television pernah tuh dibahas betapa mahalnya harga buku di Australia. Jadi, salah satu cara untuk mendapatkan buku yang relatif murah – atau harganya tidak terlalu jauh dari “harga pasar” di Australia adalah lewat internet.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika memesan buku dari internet. Pertama, pastikan harganya net (sudah termasuk ongkos kirim). Di www.booko.com.au jika diperhatikan tersedia kolom yang menunjukkan biaya kirim dan tambahan lainnya. Jika kita memesan dari Amazon, relatif mahal karena ada ongkos kirimnya tergantung mau seberapa cepat tiba.

Kedua, perhatikan waktu pengiriman. Ada beberapa “gaya” para supplier buku online dalam menyebutkan sistem pengirimannya, yaitu “dispatch”, “shipping”, “delivery” dan sebagainya. Tapi yang lebih patut diperhatikan adalah waktunya. Pengalaman saya, jika dibilang “dispatch” maka itu artinya waktu si buku yang kita pesan keluar dari gudang atau toko tempat kita pesan. Jika dibilang dispatch within 24 hours, artinya butuh waktu sehari untuk si buku bisa keluar dari gudang/toko hingga sampai ke kantor pos/shipping company. Jika kita memesan dengan kurir khusus, misal DHL atau FedEx, kita bisa menelusuri buku kita sudah tiba di mana. Tapi, kurir khusus mahal. Jika dengan Pos, jangan berpikir bahwa buku tersebut akan tiba 1-2 hari meskipun dibilang “shipping within 48 hours” karena pasti ada jeda 1-2 hari untuk tiba di asrama/rumah.

Pengalaman teman yang memesan dari fishpond.com.au, dibilang “shipping within 24 hours” tapi si buku baru tiba 3 hari kemudian. Itu bukan hal yang buruk, melainkan hanya masalah timing saja karena ada beberapa pihak yang terlibat: toko buku, kantor pos, dan tukang pos ­čÖé

Tips: jika ingin cepat, jangan memesan pas weekend (Jumat dan Sabtu). Pesan/check out basket nya hari Minggu Sore/petang atau Senin pagi. Biasanya akan langsung proses dan relatif menghemat sehari atau dua.

Selamat hunting buku…

update:

  • Silahkan coba juga untuk nyari ke ebay atau toko buku online lainnya. Kalo lagi ngubek2 ebay, jangan lupa centang “worldwide” nya supaya menampilkan toko dari seluruh dunia, bukan hanya australia saja.
  • jauhi toko buku kampus sedapat mungkin. hehehe :-p dari pengalaman pribadi, kita bisa dapat setengah harga loh… lumayan banget buat nabung!!
  • beberapa library menyediakan versi online dari buku. biasanya berupa file pdf, dan harus pake komputer untuk membacanya dan mata juga jadi cepat lelah karena terus melihat layar monitor. apalagi jika monitornya menggunakan monitor tabung. hehehe :-p
  • beberapa toko buku juga menjual versi pdf dari sebuah buku. harganya jauh lebih murah dari yang printed edition. nah, kalo udah download file pdfnya, tinggal print sendiri chapter yang diperlukan. jika ingin lebih hemat dalam ngeprint, tinggal setting page/sheetnya serta print duplex.
  • ohya website booko diatas menggunakan fasilitas meta-search. penjelasan meta-search ada disini.
  • Bagaimana lama pengirimannya? ini beberapa pengalaman saya
    beli dari abebooks, judul: computer networking K & R, tgl beli: 1 march 2011, asal: malaysia, courier: DHL, tiba: 4 march 2011, alamat: sydney
    beli dari : ace_hub, ebay, judul: Managing Quality Integrating The Supply Chain 4ed, tgl beli: 1 march 2011, dispatch: 02-Mar-11, asal: perak (malaysia), courier: DHL, tgl sampai: 8mar 2011, dest: sydney

semoga berguna bagi yang membaca.

URL pendek: http://bit.ly/fF75ZI

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.