Saturday, October 21

status kewarganegaraan untuk anak yang lahir di australia

Anak saya, azzikri sydney yudhananda lahir di sydney, australia akhir september 2009 kemaren.

Beberapa komentar/pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang indo:

  • wah lahir di australia yah, enak dong bisa dual citizen? pake paspor apa ni?
  • dapet baby bonus ngak? (baby bonus adalah bantuan dana dari australian gov buat buat bayi yang lahir disana. besarnya sekitar 5000AUD. wow!!)
  • bagaimana status kewarganegaraan untuk anak yang lahir di australia?

Dari situs kjri-sydney, dijelaskan bahwa indonesia memang telah mendukung dual-citizenship (terbatas) sejak 1 agustus 2006 untuk anak dibawah 18 tahun. dimana pada umur 18 tahun sang anak harus memilih citizenshipnya.

info dari kjri tidak cukup untuk mengambil kesimpulan, maka kita perlu gali lagi dari sisi australia. saya berinisiatif untuk menelpon immi australia. berikut ini percakapannya:

me : hello, my baby was born in sydney, australia, 2 months ago. i wanna know, weather the baby is eligible to apply an australian citizenship?
immi: right, are you the father of the baby?
me : yes
immi : how long have you been here and what is your job?
me : i’m a student and just arrived in june this year.
immi : is one of the parents hold australian citizenship or permanent resident?
me : no
immi : well, then i’m afraid that you can’t apply. it is eligible if one of the parents is PR (permanent resident) or citizen of australia.
me : right, thank you.

kesimpulan:

  • dual-citizenship dapat berlaku efektif jika kedua negara mendukung.
  • meskipun australia adalah negara yang menganut “ius soli” (kewarganagaraan seseorang sesuai dengan tanah kelahiran), tetapi terdapat syarat untuk mendapatkan kewarganegarannya.
  • jika pengen punya baby yang bisa dual citizenship, maka lihat syarat diatas. you know what i mean… 😉 hehehe
  • baby bonus diberikan untuk PR / citizen.

semoga berguna bagi yang membaca…

14 Comments

  • Gede Koes

    Achmad, beneran tuh PR juga dapet baby bonus?
    Kalo bener, sampe anak ke berapa?
    Aku sama istri lagi mengkonsider mo apply jadi PR sana. Ini bisa jadi salah satu point plus ketimbang Spore. Di Spore, baby bonus hanya buat citizen.

  • Gede Koes

    Iya, kita emang punya rencana buat jalan2 ke Australia.. buat survey2 dulu…
    Pengennya sih ke Perth… Tapi belum tau kapan bisa terlaksana… Mudah2an segera…
    Btw, thanks atas informasinya.

  • Adek

    WAh, ini informasi menarik. Btw, banyak tulisan di blog ini yg sangat penting buat dibaca oleh orang Indonesia yg akan atau sedang tinggal di Sydney. Trims Mas.

  • weda

    Mas,aq mw tny utk melahirkan di sydney butuh biaya brapa?klo normal brp?klo hrs sectio brp??mohon info ya,cos rncana suami bln dpn akan bkrja dsna,n klo memungkinkan rncana suami mw boyong anak n istri,thx infona…..oww ya satu lg mw tny utk visa nie,suamiku dpt visa temporary dr prusahaanna,pha bisa istri n anak ikut srta??trims bnyk infona.

  • @weda: untuk melahirkan di sydney total biayanya dulu sekitar AUD8000 (dengan metode normal). namun tidak perlu khawatir karena akan dibayar oleh asuransi yang kita ikuti. untuk visa, saya rasa akan lebih tepat jika ditanyakan ke embassy yang bersangkutan. 🙂

  • Rida

    Mas Achmad boleh nanya dong.
    Anak saya lahir di Aussie juga dan kami berencana kembali ke tanah air dalam waktu dekat, pertanyaan saya apakah untuk perlu dibuatkan passpor untuk anak saya tersebut? Terima kasih sebelumnya 🙂

  • joshe

    bolehkah saya bertanya apakah arti dan maksd dari Singkatan PR yang bapak dan ibu sebutkan diatas , mohon sudi kiranya dapat berbagi ilmu pengetahuan kepada saya , trimakasih sekali atas pembelajaran yang bapak ibu berikan kepada saya

  • Thisya

    Hi all, perkenalkan saya Thisya, saya sudah 10 tahun tinggal di Aussie, married & punya anak, pekerjaan juga punya rumah. Dulu sich mudah ya dapat bantuan ini itu dari Goverment, but now I think sedikit susah. Saya baca berita dari Centerlink.gov.au (You may get a maximum increase to your Family Tax Benefit Part A of $2,091.84 for your first child or $1,046.25 for other children. The increase is made up of 2 payments—Newborn Upfront Payment and Newborn Supplement.) Jadi sepertinya bukan $ 5000 lagi. Sudah berubah ketentuannya. Tergantung juga kita kerja gak, kalo kita kerja bisa Tax Benefit.

  • Christina

    @thisya, tolong intinya kalau posisi hamil 5bln dan punya usaha di indo , bagaimana caranya supaya bisa melahirkan di australia buat dapetin surat akte lahir si bayi. Apa yg hrg dilakukan. Apa hrs beli rumah atau buka usaha atau dgn bantuan Lawyer . Kalau dg bantuan Lawyer apakah Mbak punya kenalan atau info Lawyermu siapa yg bisa dihubungi i. atau ada jalan lain. Terima kasih sebelumnya.

  • aenn

    hye saya ingin bertanya berkenaan anak saya.bagimanakah saya perlu memohon pasport untuk anak saya…saya telah selamat melahirkan anak pada mei lalu thun ini…dan saya ingin betanya saya telah mengemukakan permohonan visa untuksaya dan suami dan sekarang visa tersebut telah pun di proses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *