Achmad Mardiansyah's Journal

manage your knowledge by writing it

Sebuah cerita pengalaman berburu dollar singapura

with 34 comments

Ditulis oleh ifnu bima, rekan saya yang berprofesi sebagai java programmer yang sekarang sudah mendulang SGD di negri sebrang. Ternyata, dulu pernah sama2 berjuang di magelang… hehehehe 🙂

Mencari Lowongan

Pada waktu pertama kali ada keinginan untuk bekerja di singapura, saya bertemu teman yang sudah lebih dulu bekerja di singapura. Teman ini menyarankan saya untuk membuat resume di http://www.monster.com.sg. Background saya adalah programmer java yang sudah punya pengalaman sekitar 4 tahun. Teman saya menyarankan untuk merapikan resume dan memolesnya sehingga mempunyai daya jual tinggi.

Berbeda dengan website lowongan kerja yang lain, http://monster.com.sg memberikan fasilitas kepada employer untuk mengirimkan lowonganya langsung ke kontak employee. Di indonesia biasanya kita sebagai employee yang sering memposting CV ke lowongan pekerjaan. Tetapi malah sebaliknya, kalau di http://monster.com.sg saya banyak menerima email dari employer.

Mempersiapkan Resume

Di dunia IT singapura, penguasaan dasar-dasar bahasa pemrograman java sangat penting untuk pewawancara. Untuk tujuan ini, sebaiknya anda mulai memikirkan untuk mengambil sertifikasi profesional, seperti SCJP. Sertifikasi ini penting untuk menjual resume anda, dan juga penting untuk anda belajar fundamental yang kuat ketika wawancara. Sebagai contoh, pewawancara saya dulu bertanya “apa perbedaan finalize, final dan finally?” pertanyaan ini sangat susah dijawab kalau anda tidak menguasai fundamental java dengan baik.

Secara umum employer lebih memilih untuk mencari orang yang sudah tinggal di singapura. Jika anda punya cukup uang saku dan berani mengambil resiko, sebaiknya langsung saja pergi ke singapura walaupun belum mendapat pekerjaan. Tinggal di sini antara 1-2 bulan untuk mencari pekerjaan. Ada juga employer yang tidak merasa keberatan anda masih berada di jakarta, tetapi jumlahnya lebih sedikit dan biasanya posisi yang ditawarkan ditujukan untuk posisi dengan pengalaman minim atau freshgrad.

Tulis resume anda dalam bahasa inggris yang baik, kemudian buatlah tabel-tabel yang mendaftar berbagai macam aspek dalam portofolio. Mulailah dengan menerangkan data diri, pendidikan, pengalaman bekerja

Dokumen yang diperlukan

Penting untuk mempersiapkan dokumen sebelum anda memulai proses pencarian kerja. Employer pada umumnya ingin agar anda bergabung secepatnya setelah proses wawancara berhasil. Jika anda tidak mempersiapkan dokumen-dokumen penting, ada kemungkinan proses pengurusan visa terhambat atau malah ditolak. Jadi, sebaiknya persiapkan dokumen-dokumen penting tersebut jauh-jauh hari, dan pastikan semuanya valid.

1. Passport. Expiry date harus lebih dari satu tahun
2. Ijazah Terakhir. Terjemahkan ijazah terakhir anda ke bahasa inggris dan buat legalisirnya beberapa buah.
3. Surat Pengalaman bekerja. Mintalah perusahaan tempat bekerja anda terdahulu untuk membuatkan surat pengalaman bekerja
4. Surat Perjanjian kerja/kontrak kerja. Kalau perusahaan tempat bekerja terdahulu tidak bersedia mengeluarkan surat pengalaman kerja, anda bisa menggunakan surat kontrak kerja sebagai bukti pengalaman kerja. Simpan baik-baik surat kontrak kerja anda.
5. Dokumen lain seperti akte kelahiran, ijazah lain, transkrip juga sebaiknya diterjemahkan ke bahasa inggris oleh penterjemah tersumpah.

Mempersiapkan diri untuk wawancara

Persiapan paling penting dalam tahap wawancara adalah belajar menjawab pertanyaan dalam bahasa inggris. Wawancara sering dilakukan lewat telfon, sehingga anda harus belajar mendengarkan orang berbicara bahasa inggris sekaligus menjawab pertanyaan dengan baik. Lebih susah lagi jika pewawancaranya mempunyai logat singlish (singapore english) atau logat india, jadi usaha untuk memahami pertanyaan cukup susah, apalagi berusaha menjawabnya.

Latih cara anda berbicara bahasa inggris secara reguler, berdiri di depan cermin dan mencoba menjawab pertanyaan yang mungkin muncul dalam wawancara [1] cukup membantu anda mempersiapkan diri.

Agency dan direct hire

Singapura adalah surganya outsourcing, jauh sebelum ada outsourcing di indonesia, mereka sudah menerapkanya bertahun-tahun. Sebagian besar yang akan menghubungi anda kemungkinan adalah Agency, perusahaan kecil yang terdiri dari beberapa pegawai saja yang bisnis utamanya adalah recruitment. Kontrak kerja akan berada di agency dan biasanya anda ditempatkan di berbagai client. Jangan khawatir, karena aturan dan departemen tenaga kerja singapura sangat ketat, anda tidak akan berada dalam posisi yang lemah jika anda membaca kesepakatan kontrak dengan baik.

Ada beberapa kasus dimana anda harus membayar sekian jumlah uang jika resign sebelum kontrak berakhir. Anda perlu waspada dan melihat semua isi kontrak kerja dengan baik agar tidak menyesal di kemudian hari.

Penting juga untuk menanyakan kepada orang yang menawarkan lowongan, apakah ini agency atau direct hire. Direct hire tentu saja lebih bagus statusnya dibanding agency, karena anda bekerja langsung di bawah perusahaan tersebut, tidak dioutsource ke client. Anda juga tidak perlu bersikeras hanya menerima lowongan yang direct-hire, karena sebagian besar pekerjaan IT di singapura adalah outsourching.

Siapapun yang akan merekrut anda tidak akan meminta sejumlah uang kepada anda, jika hal ini terjadi sebaiknya anda berhati-hati dan tidak menuruti apa saja kehendak mereka. Semua kebutuhan anda harusnya nanti akan diganti perusahaan, seperti tiket pesawat, visa dan medical test.

Nego gaji dan biaya hidup

Biaya hidup di singapura untuk satu orang tanpa keluarga

* Sewa kamar : SGD 650
* Listrik, Air, Gas : SGD 50
* Internet dan TV Cable : SGD 40
* Transportasi : SGD 100
* Makan : SGD 300
* Pengeluaran lainnya : SGD 200
———————–
* total SGD 1340

Biaya hidup di singapura dengan keluarga tanpa anak (N/A)

Biaya hidup di singapura dengan keluarga dengan anak (N/A)

Dengan informasi diatas anda dapat melakukan nego gaji dengan baik, jangan sampai terlalu rendah hingga anda kesulitan hidup, dan jangan pula terlalu tinggi hingga anda dicap tidak tahu diri.

Selama satu bulan pertama anda tinggal di singapura, sebaiknya anda menyiapkan setidaknya SGD 2000, karena anda harus membayar deposit sewa kamar (diterangkan lebih lengkap di bawah), sewa kamar, biaya hidup lainya, saldo awal membuat rekening, bayar medical checkup dan bayar visa (2 item terakhir biasanya bisa di-reimburse). Cukup banyak juga mengumpulkan uang segitu di indonesia. Tapi yah, it worth all the money ;). Dijamin balik modal dalam waktu singkat.

Standard gaji singapura

Standard gaji singapura cukup bervariasi untuk berbagai macam bidang pekerjaan. Jika anda sudah berkeluarga dan ingin membawa keluarga ke singapura, sebaiknya jangan ambil pekerjaan dengan gaji di bawah SGD 3000. Sedangkan untuk yang belum berkeluarga setidaknya gaji diatas biaya hidup sudah cukup sebagai awal. Secara umum jika anda pekerja IT dengan cukup pengalaman, gaji diatas SGD 3000 cukup beralasan sebagai batas bawah untuk menerima pekerjaan di singapura.

Pergi ke Singapura

* Membeli tiket. Maskapai penerbangan indonesia rata-rata punya jadwal ke singapura. Tiket termurah adalah Rp. 250.000 dijual oleh lion dan mandala, anda bisa memperoleh tiket dengan harga ini jika memilih penerbangan pertama (pagi hari) atau penerbangan terakhir (malam hari) jauh-jauh hari. Air asia juga menjual tiket ke singapura walaupun harganya sedikit lebih mahal.

* Pergi ke bandara soekarno-hatta. Penerbangan internasional dilewatkan di terminal 2, anda harus datang 1 jam sebelum keberangkatan pesawat untuk melakukan check in (boarding pass), mengurus bebas fiskal dan melewati pemeriksaan imigrasi yang terkadang mempunyai antrian yang panjang jika berbarengan dengan rombongan wisata atau umroh. Untuk menghindari hal-hal buruk tersebut sebaiknya anda datang sangat awal ke bandara.

* Checkin. Setibanya di bandara soetha terminal 2, lihat gate berapa penerbangan anda, kalau lion di gate 2-D. Tunjukkan tiket ke penjaga gate. Kalau anda membeli tiket lewat internet, print terlebih dahulu tiketnya di rumah atau kunjungi outlet penerbangan anda untuk minta diprint itenarinya. Jangan lupa hafalkan atau catat nomor itenari. Setelah masuk gate, cari tempat checkin penerbangan anda. Serahkan tiket, passport dan Airport tax sebesar Rp. 150.000 kepada petugas. Sebagai gantinya anda akan diberi boarding pass dan kartu imigrasi untuk diisi.

* Bebas Fiskal. Setelah selesai checkin dan mendapat boarding pass anda bisa mengurus bebas fiskal dengan syarat :
o Mempunyai NPWP
o Orang tua anda mempunyai NPWP. Dengan syarat nama anda berada dalam kartu keluarga yang dibawa
o Suami/Istri mempunyai NPWP. Dengan syarat anda membawa surat nikah
o Anggota keluarga lain, seperti mertua, dengan syarat surat nikah dan kartu keluarga.

Anda perlu menyerahkan fotokopi NPWP tersebut kepada petugas, jadi siapkan fotokopinya sebelum berangkat ke bandara. Boarding pass anda akan distempel bebas fiskal kalau dokumen yang diperlukan lengkap. Kalau tidak berhasil mendapat bebas fiskal, anda harus membayar Rp 2.500.000 [2].

* Pemeriksaan imigrasi. Anda akan mendapatkan kartu imigrasi dari petugas checkin, kartunya harus diisi dan nanti akan diperiksa petugas imigrasi. Kadangkala petugas imigrasi akan menanyakan tujuan anda ke singapura, anda bisa menjawab “liburan” atau menjawab “mendapat pekerjaan di singapura”. Gunakan jawaban pertama jika tidak ingin ditanya lebih lanjut.

* Visa kunjungan. Setibanya di singapura anda bisa mengajukan visa on arival yang berlaku selama 30 hari di imigrasi singapura. Selama di pesawat, pramugari akan membagikan kartu imigrasi singapura yang harus anda isi. Anda perlu mengisi tempat tujuan dimana tinggal (wajib), durasi tinggal di singapura dan tiket pulang ke indonesia kalau ada. Kalau tidak mempunyai tiket pulang ke indonesia, anda akan ditanya berapa banyak uang yang anda bawa dan dilakukan pemeriksaan sidik jari apakah anda pernah mempunyai kasus dengan imigrasi singapura. Jangan panik kalau hal ini terjadi kepada anda, selama anda menjalankan prosedur dengan baik, tidak akan ada masalah yang menimpa anda.

* Mencari tempat tinggal sementara. Penting untuk mendapatkan tempat tinggal sementara ketika pertama kali anda sampai ke singapura, karena petugas imigrasi akan memeriksa alamat tinggal anda selama di singapura yang anda isi dalam kartu imigrasi. Anda bisa memilih untuk tinggal di hotel murah, menyewa apartemen harian atau tinggal di tempat teman anda. Pilihan terakhir jauh lebih baik, selain murah (gratis?) anda juga memerlukan banyak bimbingan bagaimana cara hidup di singapura.

* Mencari transportasi dari Changi ke tempat tinggal sementara. Sebelum anda pergi ke singapura sebaiknya anda melihat peta singapura dan sistem transportasinya. situs http://maps.google.sg adalah alat yang sangat tepat untuk belajar menjelajah dan menghafal peta. Di situs tersebut juga terdapat rute public transport yang bisa anda pilih ketika berpindah dari satu tempat ke tempat lainya. Bahkan ada waktu tempuh, tempat turun dan jalur pedestrian yang bisa anda pilih. Singapura termasuk sangat beruntung karena tim google sudah melakukan survey di kota ini sehingga anda bisa menggunakan feature google street view [3] di google map singapura. Lihat icon orang yang ada di pojok kiri atas peta singapura, kalau berwarna kuning, drag icon-nya dan drop di daerah yang anda ingin lihat. Tampilan google map akan berubah ke mode street view, dimana anda bisa melihat suasana jalan dan daerah sekelilingnya. Fantastis!!

Transportasi utama dari changi ke kota ada 3 : Bus, Kereta (MRT) dan taksi. Pilihan terakhir perlu dihindari karena biayanya cukup mahal, tidak semurah taksi ekspress di jakarta. Biasanya anda akan sampai di changi di terminal 1, anda perlu pindah ke terminal 2 menggunakan sky train jika akan menggunakan MRT. Kemudian turun ke lantai paling bawah di terminal 2. Anda harus membeli kartu EZLink agar bisa menggunakan MRT. Pilihan terbaik adalah meminta tolong teman anda yang sudah ada di singapura untuk menjemput. Selain lebih aman, anda tidak perlu merasa tersesat di negeri orang.

Mencari tempat tinggal

Mencari tempat tinggal untuk jangka panjang di singapura jauh lebih susah dibanding mencari tempat tinggal di Jakarta. Kalau di jakarta terdapat banyak sekali kos-kosan dan rumah petak yang bisa disewa, tidak halnya di singapura. Di singapura ada 3 jenis tempat tinggal secara umum: HDB, Condo dan Landed House. Ketiga jenis tempat tinggal ini biasanya disewakan oleh pemiliknya. Tidak ada model kos-kosan yang punya puluhan kamar atau rumah petak seperti di jakarta.

Kita bisa mencari beberapa teman untuk menyewa satu unit penuh dan membagi biaya sewa, atau kita bisa tinggal dengan keluarga dan hanya menyewa satu kamar saja. Kita bisa pula tinggal satu kamar sendiri atau sharing dengan teman lain. Kalau sharing tentu saja sewanya bisa dibagi dua dengan teman satu kamar.

Proses menemukan tempat yang tepat untuk tinggal tidak gampang, perlu waktu cukup lama dan bisa berminggu-minggu sebelum anda menemukan tempat tinggal yang cocok, jadi sebaiknya anda bersiap-siap dengan mencari informasi tempat tinggal sebelum berangkat ke singapura. Anda juga bisa memilih untuk menyewa jasa agent untuk mencarikan tempat tinggal, biasanya agent akan menarik biaya jasa sekitar 1/2 dari harga 1 bulan sewa.

Jenis kamar yang bisa ditempati antara lain: common room, master room, utility/student room dan gudang. Tahun 2010 harga sewa common room sekitar SGD 650 untuk daerah selatan dekat dengan kota, dan SGD 500 untuk daerah utara atau pinggiran. Utility/Student room harga sewanya sekitar SGD 500 di daerah tengah kota dan SGD 400 di daerah pinggiran. Perbedaan utama utility dan common room adalah ukuran kamar dan fasilitasnya. Biasanya common room mempunyai dipan, kasur bagus, seprei, AC, mesin cuci, lemari, bangku dan meja. Sedangkan utility room biasanya lebih sedikit fasilitasnya dan ukuran kamarnya lebih kecil.

Master Room adalah kamar utama dalam apartement, mempunyai kasur double bed dan kamar mandi di dalam. Secara umum harga sewa Master Room antara SGD 800- SGD 1000 per bulan. Sedangkan gudang tidak perlu saya terangkan seperti apa keadaanya, biaya sewanya sangat murah, tetapi jarang ada yang menyewakan gudang untuk tempat tinggal.

Deposit dan kontrak sewa terkadang disyaratkan oleh pemilik rumah (land lord). Besarnya deposit yang harus anda serahkan bervariasi antara 1-2 bulan sewa. Deposit ini bisa anda ambil kembali kalau masa sewa sudah habis, tetapi perlu berhati-hati kalau anda mau pindah sebelum masa sewa habis, karena bisa saja deposit ini tidak bisa diambil kembali. Kontrak sewa adalah perjanjian antara anda sebagai penyewa dan pemilik rumah, kontrak sewa bisa juga dilaksanakan antara anda dan agent property, tergantung bagaimana anda mendapatkan tempat tinggal tersebut, langsung ke pemilik atau lewat agent.

Banyak sekali kasus terjadi antara penyewa, agent dan pemilik rumah. Terutama ketika anda mau pindah sebelum kontrak sewa berakhir, jadi sebaiknya anda berhati-hati dan baca baik-baik kontrak sewa yang disodorkan pemilik atau agent.

Dalam proses pencarian tempat tinggal, terkadang anda akan menemukan beberapa istilah yang tidak lazim, seperti PUB, amenities dan light cooking. PUB itu badan pemerintah yang menangani supply air bersih seprti PDAM di indonesia. Sedangkan amenities itu adalah segala fasilitas tambahan dalam property seperti internet, tv cable dan lain-lain. Light cooking biasanya penting jika anda ingin bisa memasak ringan dalam rumah, semisal membuat mie rebus atau nasi goreng. Tidak semua rumah mengijinkan light cooking, jadi sebaiknya anda tanyakan.

Di mana anda bisa menemukan iklan tempat tinggal di singapore? tempat paling banyak iklan tempat tinggal adalah di milis indo-sing@yahoogroups.com anda juga bisa menemukan iklan tempat tinggal di salah satu thread kaskus [4] tempat orang-orang mengiklankan tempat tinggal atau mencari tempat tinggal di singapura. Kenapa tidak langsung mencari tempat tinggal di website yang mengiklankan penyewaan kamar? lebih nyaman tinggal bersama orang indonesia lain jika anda baru saja tiba di singapura, di kaskus dan indo-sing anda akan menemukan banyak pengumuman tempat tinggal bersama orang indonesia lain atau tinggal bersama keluarga indonesia yang menyewakan salah satu kamarnya.

MRT dan Bus

Sistem transportasi massal di singapura adalah yang terbaik [5] [6] [7]. Waw. Anda bisa pergi dari satu tempat ke tempat lain di singapura menggunakan MRT dan Bus. Biaya-nya juga relatif tidak mahal, dalam satu jalur dari ujung ke ujung lain, hanya 1.6 dolar. Bandingkan dengan bus patas jakarta-bsd misalnya, yang harganya sampai Rp 15.000 (SGD 2.5).

Untuk menggunakan MRT dan Bus anda perlu membeli kartu EZLink di stasiun MRT. Bilang ke petugas penjualan tiket yang ada di setiap stasiun MRT “I want to buy ezlink card, pelase!” harganya SGD 15 dengan deposit SGD 10, sebanyak SGD 5 tidak dapat dicairkan. Selalu jaga deposit kartu ezlink diatas SGD 3, kalau saldo doposit anda dibawah SGD 3, kemungkinan anda akan mendapat pesan “not sufficient balance” ketika men-tap kartu di pintu keluar-masuk bus atau pintu keluar-masuk platform MRT.

Topup deposit/saldo kartu EZLink bisa dilakukan di petugas karcis atau di GTM (General Ticketing Machine)[8], alat mirip ATM berwarna hijau yang ada di setiap stasium MRT. Pilih menu menambah deposit (add value), Letakkan kartunya diatas tap panel dan masukkan uang kertas ke slot, tekan menu OK dan tunggu sampai lampu hijau menyala di tap panel, ambil kartunya dan selesai.

Tap adalah aksi mendekatkan kartu EZlink ke alat pemeriksa kartu, mirip ketika anda membayar menggunakan flash bca atau ketika mendekatkan kartu akses masuk ke ruangan kantor. Canggih bukan? jadi anda tidak perlu membayar ke petugas karcis dan antri mendapatkan kembalian. Cukup tap kartu ezlink ke alatnya dan anda bisa langsung masuk bus/kereta. Begitu juga ketika keluar dari bus atau kereta anda perlu men-tap kartu ezlink di alatnya untuk mengurangi jumlah saldo sebanyak biaya perjalanan.

Perlu diperhatikan pula bahwa MRT di singapura penuh sekali larangan dan aturan. Naik ke dalam bus dari pintu depan dan turun dari pintu belakang. Dahulukan penumpang yang turun sebelum anda naik ke kereta. Dilarang merokok, dilarang makan dan minum, dilarang bawa durian, dilarang menyerang pengemudi bus. Jika anda melanggar larangan diatas, hukuman kurung, pukul pake rotan atau denda antara SGD 500-1000 bisa menimpa anda.

Membeli kartu prabayar

Tidak semua kartu gsm indonesia bisa beroperasi di singapura. IM3 bekerja sama dengan starhub agar kartu IM3 anda bisa beroperasi di singapura, tapi sepertinya tidak semua kartu IM3 bisa, hanya kartu keluaran beberapa tahun ini saja yang bisa.

Selama anda belum mempunyai ijin tinggal jangka panjang di singapura, seperti visa kerja. Anda tidak bisa mengajukan permohonan untuk menggunakan kartu pasca bayar. Sehingga pilihan satu-satunya adalah membeliu kartu pra bayar. Di singapura terdapat tiga operator seluler : singtel, starhub dan M1. Anda bisa membeli produk pra bayar dari salah satu dari ketiga operator di atas. Untuk melakukan pembelian kartu pra bayar anda perlu membawa passport agar kartu pra bayarnya bisa diaktifkan. Biasanya toko seven eleven (mirip alfamart atau indomart) menjual kartu ini. Harganya cukup mahal dibanding di indonesia,sekitar SGD 15 – SGD 20.

Anda bisa bilang “I want to buy prepaid card!” ke pelayan tokonya, nanti pelayan toko akan meminta passport anda dan mendaftarkan kartu pra bayar. Kemudian untuk mengisi pulsa bisa dilakukan dengan membeli voucher. Tempat pembelian voucher lebih banyak lagi, karena tidak perlu dilakukan pendaftaran seperti halnya kalau membeli kartu pra bayar. Anda bisa bilang “I want to by topup for Singtel please!”. Harga voucher pra bayar di singapura sssangat mahal dibanding di jakarta, paling murah SGD 18 dan paling mahal bisa SGD 130. Cilakanya kartu pra bayar itu kalau kita ditelpon saldonya berkurang alias bayar! whatt thee…, yah begitulah, secepatnya segera pindah ke pasca bayar setelah anda mendapatkan visa.

Visa kerja

Visa kerja di singapura cukup kompleks. Ada level-level visa kerja, mulai level terbawah untuk pekerja bangunan dan pekerja domestik hingga level teratas untuk CEO yang gajinya naudzubilah banyaknya.

Selain visa kerja, kita bisa juga mengajukan diri untuk memperoleh status PR (permanent resident) atau bisa juga mengajukan diri untuk dinaturalisasi menjadi penduduk singapura, sayangnya di indonesia kita tidak diperbolehkan menjadi warga negara lain tanpa harus melepaskan status sebagai warga negara indonesia.

Misalnya anda sudah diberitahu bahwa anda diterima di sebuah perusahaan di singapura, anda perlu mendapatkan pernyataan secara formal lewat sebuah surat resmi. Surat ini disebut dengan In-Principle Approval Letter. Kemudian employer akan mengajukan Employment Pass ke MoM (ministry of manpower). Singapore mempunyai empat jenis Employement Pass : P,Q,R,S. Jika anda melamar pekerjaan yang dikualifikasikan sebagai “Mid level profesional job”, hampir pasti anda akan memperoleh S pass [9]. Jenis pekerjaan seperti software developer, system engineer, accountant, architect dan graphic designer masuk dalam kategori ini. Daftar lengkap jenis pekerjaan yang digolongkan dalam s pass dan banyak dicari ada di website MoM [10]

Minimum gaji untuk jenis visa ini adalah SGD 1800, jika anda mendapat gaji di bawah 1800 dan di-apply S pass oleh employer, anda perlu bertanya dan berhati-hati, karena tidak sesuai aturan dari MoM.
[edit]
Medical Checkup

Setelah employer anda berhasil mengurus visa, anda harus melakukan medical checkup sebagai syaratnya. Aspek kesehatan yang diperiksa adalah tes darah, tes hiv/aids dan tes rontgent dada. Perlu berhati-hati jika anda perokok berat, usahakan anda berada dalam level kesehatan yang baik dan jaga baik-baik paru-paru anda. Jika ditemukan bronchitis atau penyakit paru-paru lain, ada kemungkinan visa anda ditolak karena test kesehatanya gagal.

Test kesehatan bisa dilakukan di klinik-klinik yang ditunjuk pemerintah singapura. Salah satunya adalah Parkway Shenton [11] yang cabangnya ada di mana-mana. Biaya medical checkup ini adalah SGD 27.

Dokumen yang diperlukan antara lain:

1. passport
2. foto seukuran foto passport dengan latar putih
3. alamat tinggal lengkap dengan kodepos
4. form medical checkup, biasanya dikasi oleh employer

Mengurus visa ke MoM

Employer anda akan mengurus dokumen untuk pengurusan visa, dalam dokumen ini terdapat satu form yang menerangkan bahwa anda harus datang ke kantor MoM di tanggal dan jam tertentu. Pastikan anda datang tepat waktu dan tidak terlambat, keterlambatan akan menyebabkan anda tidak dilayani dan artinya cilaka duabelas!!.

Anda perlu membawa dokumen antara lain :
1. passport
2. ijazah yang diterjemahkan ke dalam bahasa inggris dan legalisirnya
3. foto ukuran paspor dengan latar putih
4. hasil medical checkup
5. inprinciple approval letter dari employer
6. surat pengalaman kerja, akte lahir dan surat-surat pribadi lainya yang sudah ada versi terjemahan bahasa inggrisnya

Alamat MoMnya ada di The Riverwalk 20 Upper Circular Road, #04-01/02. Setibanya di gerbang anda akan disapa oleh petugas untuk mendapatkan tiket antrian.

Silahkan menuju ruang antrian yang tertata sangat bagus menunggu giliran. Setelah dipanggil anda akan diperiksa kelengkapan dokumen kemudian diminta untuk membayar biaya visa sebesar SGD 60. Setelah selesai membayar anda akan diminta foto ukuran passport dengan latar putih dan dilakukan scan terhadap sidik jari jempol kiri dan kanan.

Setelah proses wawancara dan pemeriksaan dokumen dilewati dengan baik, anda bisa mengambil kartu tanda visa (penduduk) setelah 4 hari kerja di tempat yang sama. Kartu ini berlaku layaknya KTP di indonesia. fungsinya sangat penting untuk bisa membuat rekening bank, mengajukan kartu gsm pasca bayar dan lain sebagainya. Jaga baik-baik jangan sampai hilang.

Membuat Rekening

Setelah kartu visa diperoleh anda bisa membuat rekening bank dalam mata uang singapura ke DBS (development bank of singapore). Setoran awalnya SGD 500, besar sekali untuk ukuran orang indonesia. Dalam beberapa menit anda akan memperoleh kartu tabungan dan kartu atm.

Kontrak telp pascabayar

Harga voucher pra bayar di singapore sangat mahal, sehingga segera setelah anda memperoleh kartu visa, mampirlah ke gerai operator seluler dan ajukan permohonan untuk memperoleh kartu gsm pasca bayar. Kartu pasca bayar di singapura menggunakan sistem kontrak dengan jangka waktu tertentu, anda diwajibkan untuk mematuhi kontrak ini dan tidak diperbolehkan pindah ke operator lain. Anda harus membayar denda jika ingin pindah ke operator lain. Sisi baiknya adalah anda bisa memperoleh handset baru dengan harga sangat murah dalam perjanjian kontrak ini. Semakin lama jangka waktu kontraknya, harga handset yang harus ditebus semakin murah. Sebagai contoh, singtel menawarkan iPhone 3GS 16gb seharga SGD 248 jika anda mengajukan kontrak setahun dan memilih paket dengan minimal tagihan SGD 56 per bulan.

source: klik disini.

URL pendek: http://wp.me/pRkxT-8x

34 Responses to 'Sebuah cerita pengalaman berburu dollar singapura'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to 'Sebuah cerita pengalaman berburu dollar singapura'.

  1. tulisannya sangat menginspirasi supaya go international,, karena saya masih fresh grad,, saya mau mencari pengalaman di indonesia terlebih dahulu,,, 🙂
    thanks sharingnya,, sangat bermanfaat sekali…

    Rachmat Febrianto

    22 Apr 10 at 14:55

  2. boong itu rahmat, udah expert itu bukan fresh grad lagi..
    😀

    rhesa

    22 Apr 10 at 15:41

  3. Wah ribet juga ya,,,
    Kalau overseas ke negara2 laen apa seperti ini juga prosedurnya? Harus buka rekening bank di negara setempat dan sebagainya? Atau salary kita bisa ditransfer ke rekening yg kita punya di indonesia?

    nala

    22 Apr 10 at 19:09

  4. @nala,, menurut saya gak ribet… itu adalah proses…

    Rachmat Febrianto

    22 Apr 10 at 22:17

  5. @mas reza… 😛
    ah bisa aja nih,,,, mas malah yang expert,, aku kan belajar dari mas reza… 😀

    Rachmat Febrianto

    22 Apr 10 at 22:22

  6. Nice,,

    doni

    23 Apr 10 at 10:17

  7. sangat informatif dan membantu sekali untuk orang yang ingin bekerja di sgp.
    salam kenal,

    tokokeripik.multiply.com

    tkpik

    25 Apr 10 at 18:24

  8. Thanks, sangat bermanfaat untuk gw. kebetulan gw baru diterima di sg. bole add ym untuk nanya2?

    tywie

    25 May 10 at 14:52

  9. @tywie: boleh aja. silahkan kirim email ke: achmad@glcnetworks.com

    Achmad Mardiansyah

    26 May 10 at 09:35

  10. Sukron akhi …informasinya berguna banget , minta ijin tuk share .

    mams

    14 Jun 10 at 22:46

  11. kalau dah disukses di negeri seberang. jangan lupa pulang. masih enak makanan dirumah daripada makanan mahal di negeri orang. hehehe

    hendito

    20 Apr 11 at 09:05

  12. @hendito: tentu dong…
    hehehe :-p

    Achmad Mardiansyah

    20 Apr 11 at 09:35

  13. Achmad, boleh kasi masukan yaa…itu soal bebas fiskal, kayaknya udah nggak berlaku deh 🙂
    trus untuk gaji, hmmm..berdasarkan ngobrol ama beberapa orang di sini (kebetulan di negeri singa sini selama 3 bulan), konon kabarnya gaji orang Sing dan luar Sing beda standarnya…pemerintah Sing menggaji citizens nya dengan gaji jauh lebih gede ketimbang orang asing..
    tapi info soal gaji minimal 1800 juga aku denger..konon, untuk bisa urus izin tinggal di sini dengan visa kerja, minimal musti dapat gaji 1800..
    sekadar share aja…:)

    aan

    20 Apr 11 at 23:21

  14. @mbak aan: wah, makasih banyak buat masukannya mbak. hehehe
    iya, artikelnya rada lama, jadi waktu itu blom ada kebijakan NPWP itu. :-p

    tentang gaji, yup dari milis orang2 indo di singapura, beberapa rekan2 yang kerja disana juga mengkonfirmasi adanya diskriminasi gaji antara sg citizen dan foreigner…

    Achmad Mardiansyah

    21 Apr 11 at 08:44

  15. […] lihat artikel yang berkaitan dengan pekerjaan IT disini, disini, disini, disini, disini, disini, disini, atau sumber […]

  16. sekarang kalau mau ke singapore ngak perlu bayar fiskal lagi kan ?

    kiki

    15 Sep 12 at 02:21

  17. Informasinya bermanfaat sekali. Terima kasih sudah memposting.

    riri

    6 Feb 13 at 08:38

  18. @riri: sama-sama.
    terima kasih telah berkunjung

    Achmad Mardiansyah

    14 Feb 13 at 14:50

  19. hello mas ahmad

    saya mau tanay kalo statusnya dependen pass apa bisa cari kerja dsana yah?
    kalo untuk admin gitu banyak ga ya mas?

    makasih.

    dinda

    26 Mar 15 at 15:10

  20. @kiki: sekarang kita tidak perlu bayar fiskal lagi jika mau ke luar negeri
    @dinda: tergantung visa yang didapat dependent mbak. biasanya bisa kalo dependent boleh kerja, tapi ada ketentuannya. misal: tidak lebih dari x jam per minggu.

    Achmad Mardiansyah

    15 Apr 15 at 17:13

  21. Wow
    .ok banget.q suka n sgt menolong..thanks buat pencerahanx .. but tolongin q dong. Barusan dpt email panggilan interview langsung ke Singapur sbg nanny buat 2 bln. Tp cpt bgt mnt ke sna. Senin mesti.afa d sna. Sedangkan bgtu lihat daftr dokumen jg perlu di translate jd bingung gmn sempat? Apalg disertakn wkt cek kesehatan. Na ni piyee mas? Nanya ya klo gaji nanny brp? Q.ditawari $700 perbulannya. Apa ni USD atau SGD sih? Mudah2n USD ya mas 😉 lol. Mengingat ni pertama kali ke Sing aku jd kuatir kalo2 di.tipu. duuh amit2. Bantu saran n more info abt nanny job dong. Apa bs aku lgs terbang aja ke sana tanpa siapkn dokemn sbgmn yg mas beberkan diats?
    Modal cekak kek 5 jutaan pp bs ngak yaa hehehe mohon pencerahanx dong. Thanks ya

    bacheh

    3 May 15 at 00:47

  22. Mas saya mau nanya kalo untuk fresh graduate itu mereka nerima ga?

    Aulia

    12 May 15 at 18:52

  23. Selamat pagi, artikel yang menarik mas. Kebetulan saya dan suami berencana utk pindah ke Singapore. Suami sekarang sedang mencari kerja di bagian IT support, dia master of Commerce dan pernah kerja di Aussie sekitar 4 tahun. Gaji yg sesuai dengan kualifikasinya kira2 berapa ya mas? Maksud ne kalo nanti ditelpon employer, suami udah siap dengan expected salary, kalo ngak tau kan susah. Takutnya ketinggian malah employer ngak jadi employ, kalo kerendahan juga takutnya ngak cukup hidupin keluarga. Mohon pencerahannya mas, terima kasih.

    Indoy

    25 Aug 15 at 09:39

  24. @bacheh: ya tanyakan saja ke orangnya, SGD atau USD. biasanya sih mata uang lokal. gaji nanny coba searching aja di internet. tentang dokumen, ya tanya dulu dokumennya perlu bawa apa aja, jangan lupa imigrasi juga

    @aulia: ya mau dong. itu temen saya baru lulus dari NTU bisa kerja tuh

    @indoy: yang jelas hitung dulu kebutuhan living cost disana sendiri, baru nanti tambahkan margin untuk saving dll, baru keluar deh gaji yang diperlukan.

    Achmad Mardiansyah

    17 Sep 15 at 23:05

  25. Very interesting…

    Ziska Maengkom

    30 Mar 16 at 10:17

  26. informasi detil sekali, sangat membantu.
    wah, biaya sewa mahal amat 🙁
    ama gaji saya kerja masih lebih besar biaya sewa di SG.

    kamal

    19 Apr 16 at 19:57

  27. Mas, mau nanya nih berhubung belum pernah bwt visa jadi bingung, kalau di cerita mas diatas ngurus visa kerjanya setelah di negara singapore tapi saya kalau menurut beberapa orang yang saya tanya ngurus visa itu dari kedutaan negara tujuan di Indonesia. Ini yang benar yang mana ya? mohon jawabannya bagi yang telah berpengalaman membuat visa kerja. terima kasih

    rivan

    13 Jul 16 at 16:53

  28. MANTAP BROTHER INFONYA….SANGAT BERMANFAAT….

    MARZUKI

    10 Sep 16 at 20:45

  29. mas mau tanya, kalo sebagai single fighter kira2 bisa ga ya dapet kerjaan di sana? saya rencana mau ke SG selama 1 bulan pake visit visa terus cari2 kerjaan di sana. kira2 ada saran kah??

    Mega

    14 Oct 16 at 15:00

  30. @kamal: ya begitulah… berarti cari pekerjaan yang gajinya lebih tinggi sari sewa akomodasi toh?

    @rivan: ya bisa dua-duanya. yang jelas cari sponsor dulu.

    @mega: ini berarti anda ke singapore sebagai turis kemudian cari-cari kerjaan disana? jika demikian, secara hukum hal ini adalah ilegal. namun kenyataannya, ada saja yang melakukannya. masuk dengan visa turis, coba apply pekerjaan disana, kemudian minta employer tersebut untuk mensponsori visa kerja.

    Achmad Mardiansyah

    27 Nov 16 at 12:26

  31. Mas, klo lamar kerja di restoran singapure bagi foreigner apa susah? Ato minta bntuan sponsor dlu bru bisa lamar kerja? Sya udh coba nnya k slh 1 rstoran yg saat ini sdang m,buka lowonganan utk kitchen helper n waitress, jwbanx sprti ini,”Hi..sorry, currently we hv no enough quota for foreigner. Thx.”

    Lina

    10 Jan 17 at 15:06

  32. @Lina: kliatannya perlu punya koneksi kenalan disana mbak. getting job by reference biasanya paling manjur. contoh: mbak punya kenalan yang udah kerja disana, kemudian kenalan tersebut mau pindah. kemudian posisinya diisi oleh anda

  33. Pak tanya,klo job disektor migas utk di offshore singapur sbnarnya ada tdak sih utk tenaga kerja skill? Malahan Djanjikan kontrak kerja yg gak sprti biasanya smpe 2 th lbh Mksh.

    Odie

    12 May 17 at 00:09

  34. @odie: setahu saya singapura tidak ada kegiatan pengeboran minyak ya. singapura kan cuma pulau kecil. dan disana tidak ada anjungan lepas pantai (offshore) untuk minyak

Leave a Reply