Thursday, December 13

Sebuah cerita pengalaman berburu dollar singapura

43 Comments

  • tulisannya sangat menginspirasi supaya go international,, karena saya masih fresh grad,, saya mau mencari pengalaman di indonesia terlebih dahulu,,, 🙂
    thanks sharingnya,, sangat bermanfaat sekali…

  • nala

    Wah ribet juga ya,,,
    Kalau overseas ke negara2 laen apa seperti ini juga prosedurnya? Harus buka rekening bank di negara setempat dan sebagainya? Atau salary kita bisa ditransfer ke rekening yg kita punya di indonesia?

  • Achmad, boleh kasi masukan yaa…itu soal bebas fiskal, kayaknya udah nggak berlaku deh 🙂
    trus untuk gaji, hmmm..berdasarkan ngobrol ama beberapa orang di sini (kebetulan di negeri singa sini selama 3 bulan), konon kabarnya gaji orang Sing dan luar Sing beda standarnya…pemerintah Sing menggaji citizens nya dengan gaji jauh lebih gede ketimbang orang asing..
    tapi info soal gaji minimal 1800 juga aku denger..konon, untuk bisa urus izin tinggal di sini dengan visa kerja, minimal musti dapat gaji 1800..
    sekadar share aja…:)

  • @mbak aan: wah, makasih banyak buat masukannya mbak. hehehe
    iya, artikelnya rada lama, jadi waktu itu blom ada kebijakan NPWP itu. :-p

    tentang gaji, yup dari milis orang2 indo di singapura, beberapa rekan2 yang kerja disana juga mengkonfirmasi adanya diskriminasi gaji antara sg citizen dan foreigner…

  • dinda

    hello mas ahmad

    saya mau tanay kalo statusnya dependen pass apa bisa cari kerja dsana yah?
    kalo untuk admin gitu banyak ga ya mas?

    makasih.

  • @kiki: sekarang kita tidak perlu bayar fiskal lagi jika mau ke luar negeri
    @dinda: tergantung visa yang didapat dependent mbak. biasanya bisa kalo dependent boleh kerja, tapi ada ketentuannya. misal: tidak lebih dari x jam per minggu.

  • bacheh

    Wow
    .ok banget.q suka n sgt menolong..thanks buat pencerahanx .. but tolongin q dong. Barusan dpt email panggilan interview langsung ke Singapur sbg nanny buat 2 bln. Tp cpt bgt mnt ke sna. Senin mesti.afa d sna. Sedangkan bgtu lihat daftr dokumen jg perlu di translate jd bingung gmn sempat? Apalg disertakn wkt cek kesehatan. Na ni piyee mas? Nanya ya klo gaji nanny brp? Q.ditawari $700 perbulannya. Apa ni USD atau SGD sih? Mudah2n USD ya mas 😉 lol. Mengingat ni pertama kali ke Sing aku jd kuatir kalo2 di.tipu. duuh amit2. Bantu saran n more info abt nanny job dong. Apa bs aku lgs terbang aja ke sana tanpa siapkn dokemn sbgmn yg mas beberkan diats?
    Modal cekak kek 5 jutaan pp bs ngak yaa hehehe mohon pencerahanx dong. Thanks ya

  • Indoy

    Selamat pagi, artikel yang menarik mas. Kebetulan saya dan suami berencana utk pindah ke Singapore. Suami sekarang sedang mencari kerja di bagian IT support, dia master of Commerce dan pernah kerja di Aussie sekitar 4 tahun. Gaji yg sesuai dengan kualifikasinya kira2 berapa ya mas? Maksud ne kalo nanti ditelpon employer, suami udah siap dengan expected salary, kalo ngak tau kan susah. Takutnya ketinggian malah employer ngak jadi employ, kalo kerendahan juga takutnya ngak cukup hidupin keluarga. Mohon pencerahannya mas, terima kasih.

  • @bacheh: ya tanyakan saja ke orangnya, SGD atau USD. biasanya sih mata uang lokal. gaji nanny coba searching aja di internet. tentang dokumen, ya tanya dulu dokumennya perlu bawa apa aja, jangan lupa imigrasi juga

    @aulia: ya mau dong. itu temen saya baru lulus dari NTU bisa kerja tuh

    @indoy: yang jelas hitung dulu kebutuhan living cost disana sendiri, baru nanti tambahkan margin untuk saving dll, baru keluar deh gaji yang diperlukan.

  • kamal

    informasi detil sekali, sangat membantu.
    wah, biaya sewa mahal amat 🙁
    ama gaji saya kerja masih lebih besar biaya sewa di SG.

  • rivan

    Mas, mau nanya nih berhubung belum pernah bwt visa jadi bingung, kalau di cerita mas diatas ngurus visa kerjanya setelah di negara singapore tapi saya kalau menurut beberapa orang yang saya tanya ngurus visa itu dari kedutaan negara tujuan di Indonesia. Ini yang benar yang mana ya? mohon jawabannya bagi yang telah berpengalaman membuat visa kerja. terima kasih

  • Mega

    mas mau tanya, kalo sebagai single fighter kira2 bisa ga ya dapet kerjaan di sana? saya rencana mau ke SG selama 1 bulan pake visit visa terus cari2 kerjaan di sana. kira2 ada saran kah??

  • @kamal: ya begitulah… berarti cari pekerjaan yang gajinya lebih tinggi sari sewa akomodasi toh?

    @rivan: ya bisa dua-duanya. yang jelas cari sponsor dulu.

    @mega: ini berarti anda ke singapore sebagai turis kemudian cari-cari kerjaan disana? jika demikian, secara hukum hal ini adalah ilegal. namun kenyataannya, ada saja yang melakukannya. masuk dengan visa turis, coba apply pekerjaan disana, kemudian minta employer tersebut untuk mensponsori visa kerja.

  • Lina

    Mas, klo lamar kerja di restoran singapure bagi foreigner apa susah? Ato minta bntuan sponsor dlu bru bisa lamar kerja? Sya udh coba nnya k slh 1 rstoran yg saat ini sdang m,buka lowonganan utk kitchen helper n waitress, jwbanx sprti ini,”Hi..sorry, currently we hv no enough quota for foreigner. Thx.”

  • @Lina: kliatannya perlu punya koneksi kenalan disana mbak. getting job by reference biasanya paling manjur. contoh: mbak punya kenalan yang udah kerja disana, kemudian kenalan tersebut mau pindah. kemudian posisinya diisi oleh anda

  • Odie

    Pak tanya,klo job disektor migas utk di offshore singapur sbnarnya ada tdak sih utk tenaga kerja skill? Malahan Djanjikan kontrak kerja yg gak sprti biasanya smpe 2 th lbh Mksh.

  • Cecep Suherman

    Tulisan hebat. Tmksh Pak Achmad. Btw, ada teman yg bisa bantu dijadikan tujuan ke Singapura gak pak? Saya sangat membutuhkan kerja di singapura tapi tdk punya teman atau kenalan disana. Tmksh Pak Achmad. Salam.

  • Cecep Suherman

    Barangkali pak Achmad bisa bantu saya, saya tunggu infonya ke email saya atau langsung ke 082320271119. Tmksh.
    Jazakallohu Khairon katsiroo…..

  • sugihartono

    Trima kasih banyak utk informasinya, Jk Pak Ahmad Punya Link/Relasi insha Allah sy siap kerja di Singapore. Background sy restaurant/Perhotelan/driver, nmr telpon sy 0853 2188 2632 WA : 081 585 176 308 makasih semoga Berkah Aamiiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.