Friday, July 10
Shadow

Apa itu OEM? windows OEM, home, professional & server edition

Ada yang nanya tentang lisensi windows ke saya:

Q: apa itu OEM?
A: Original Equipment Manufacturer. yaitu sebuah istilah yang me-refer ke pabrik asal (original) yang memproduksi sebuah komponen.

Q: contoh kasus OEM?
contoh fiksi: andaikan bahwa setiap motor boleh diganti2 mesinnya, sehingga kita bisa memilih mesin dari pabrik yang kita sukai. Ceritanya, ada sebuah motor yang diproduksi oleh TOYOTA yang komponen mesinnya dari diambil dari HONDA (karena TOYOTA tidak memproduksi mesin). Nah, komponen mesin disebut OEM karena bukan diproduksi oleh perusahaan yang menjual produk ke end-user, dalam hal ini TOYOTA.

Q: Trus komponen mesin HONDA tersebut apakah bisa diganti?
A: tentu saja bisa, terserah konsumen. cuman yang perlu diingat adalah mungkin garansi motor tersebut jadi hilang karena ngak pake barang OEM seperti yang telah disyaratkan ketika beli.

Q: HONDA kan juga jual mesin langsung ke konsumen, bagaimana jika kita beli motornya saja tanpa mesin dari TOYOTA, trus beli mesin langsung dari HONDA, trus kita pasang sendiri mesinnya?
A: bisa aja. sekarang tergantung TOYOTA-nya, apakah mereka mau jual tanpa mesin atau tidak? andaikata TOYOTA menjual tanpa mesin, maka total harga akan menjadi lebih tinggi karena harga jual mesin langsung dari honda lebih mahal jika dibandingkan dengan OEM. taktik bisnis…

Q: kenapa OEM lebih murah?
A: karena TOYOTA membeli mesin dalam jumlah banyak, sehingga dapat discount dari HONDA. trus mereka budled mesin tsb ke produk mereka.

Q: bisa ngak mesin OEM tsb dipasang ke motor lain?
biasanya tidak diperbolehkan oleh pabrik yang menjual produk (TOYOTA).

Q: apa itu windows OEM?
versi windows yang dipaketkan dengan hardware (desktop/laptop). di laptop tersebut akan diberi tulisan “pre-installed windows”, akan diberi stiker lisensi, dan itu artinya windows kamu bertipe OEM.

Q: apakah windows OEM bisa di-install di komputer lain?
A: sayangnya tidak. jika anda upgrade dari windows XP OEM ke vista, anda juga harus bayar biaya upgrade.

Q: kalo beli laptop tanpa windows bisa ngak?
A: tergantung pabrik laptopnya. lihat analogi diatas. saya pribadi lebih suka beli laptop dengan opsi ini karena saya pake linux bukan windows.

Q: apa itu windows home, professional, & server edition?
A: biasanya windows OEM tipenya seperti ini. dari namanya, windows HOME ini di khususkan untuk pengguna rumahan. sehingga tidak memiliki feature seperti versi profesional. misal

  • Mendukung multi-cpu
  • Mendukung NTFS encryption
  • Kemampuan untuk bergabung dengan Network Domain.
  • Tidak bisa diinstall software developer. misal visual C, borland, dll

untuk server edition, ini versi windows yang digunakan sebagai penyedia layanan jaringan bagi windows home dan professional. misal bisa disetup jadi web server, FTP server, Active Directory, DNS, DHCP, dll.

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.