Tuesday, December 7
Shadow

Account yahoo/google anda dihack?

Beberapa minggu ini, beberapa milis yang saya ikuti di banjiri dengan kiriman email dari orang yang saya kenal. Namun yang jadi masalah adalah contentnya. Ini jelas bukan email biasa, tapi email virus yang siap memangsa korban berikutnya.

Email yang dikirimkan berformat HTML, berisi sebuah URL yang seakan2 meminta kita untuk mengkliknya. Dari yang saya perhatikan, semua pengirim email ini menggunakan yahoo.

Kesan pertama saya: jelas sekali  bahwa account yahoo anda di HACK!!. artinya ada orang yang menggunakan account anda untuk mengirim email yang ada di contact list anda.

Pertanyaan selanjutnya, “bagaimana bisa account saya di hack? perasaan saya ngak macem2 deh”. “well, itu menurut anda, bisa jadi ada sebab lain”. berikut ini mungkin penyebabnya:

  1. Anda mengklik link URL yang bervirus yang disebarkan oleh account yang di-hack. Links ini disebarkan via email, yahoo messenger, status. Mungkin anda penasaran itu link apa sih? tahu setelah diklik password yahoo anda dicuri. mengenai teknik detil untuk mencuri password dari orang yang mengklik URL bervirus, kudu nanya yang buat program tsb. sayangnya saya ngak minat kesitu.
  2. Komputer anda bervirus. Virus yang menyerang komputer anda akan berjalan di background kemudian akan mencuri password jika anda login ke yahoo.
  3. Anda mengakses account anda dari komputer lain yang bervirus.

Solusinya? ya sesuai dengan yang diatas:

  1. buat yang udah dihack, segera ganti password anda.
  2. untuk yang merasa belum dihack:
    • jangan sembarangan klik URL
    • jangan sembarangan klik URL di YM
    • pastikan YMnya tidak disusupi
    • jangan sembarangan nancepin USB, cek dulu ada virus atau ngak
    • pastikan komputer yang anda gunakan bebas virus.
  3. kalo ngak mau repot dengan urusan ribet seperti diatas, pake UNIX/LINUX

salam,

URL pendek: http://bit.ly/gVpZRo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.