Tuesday, December 7
Shadow

Barbeque di australia

sekedar share pengalaman di australia…

orang oz terkenal suka makan makanan segar. salad, steak, dan lainnya. mereka juga suka barbeque yaitu memanggang makanan (biasanya daging) di sebuah tempat pembakaran, atau di sebuah plat yang panas.

barbeque yang dalam bahasa slang australia adalah barbie, adalah tradisi yang kental melekat dalam masyarakat australia. setiap perayaan, ulang tahun, celebration, atau acara kumpul2 hampir dipastikan ada BBQ. ketika mahasiswa baru datang di kampus, biasanya school atau unit kegiatan mahasiswa mengadakan BBQ dihalaman kampus untuk para anggotanya.

karena masyarakatnya suka bbq, pemerintah australia sampai membuat tempat BBQ gratis yang tersedia 24/7 di tempat2 umum. misal taman atau pantai. jadi kita tinggal bawa daging, dateng ke tempat pemanggangan, tekan tombol agar pembakarannya nyala, trus bakar deh. selesai bakar2an ya plat BBQnya harus dibersihkan dong.

sebuah tips, kalo BBQ sebaiknya bawa spatula agar ngebersihin platnya lebih gampang. juga platnya disiram soda (mis: cocacola) agar sisa2 dagingnya yang menempel cepat bersih.

sebaiknya daging dimarinade dulu seharian agar rasanya lebih enak. bumbu marinade ada macem2. kadang ditoko daging juga menyediakan jasa marinade ketika kita pesan daging BBQ ke dia.

daging untuk barbeque bisa berupa ayam, beef, lamb, pork, sausages, dll.

untuk daging ayam, kadang bete juga nunggunya karena daging ayam harus dimasak sampai matang supaya enak. kalo kambing & sapi kan bisa setengah mateng.

btw, harga daging disini murah loh. satu paket daging dari seekor domba full, harganya sekitar 20AUD, itu udah dipotong sebesar ukuran BBQ dan udah dimarinade. cuba bandingkan dengan harga seekor domba di indo…

jangan lupa juga bawa salad, kentang, chips serta makanan pendukung lainnya biar BBQ jadi tambah nikmat… nyam-nyam…

happy barbie…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.