Thursday, December 13

Apa itu NSS (Network Switching System)

Jadi ada orang yang lagi bingung tentang apa itu NSS dalam telco. nah karena itulah saya buat artikel ini.

Bagian NSS (Network Switching Subsystem) gimana mas?

Nah ini bagian saya. hehee s… 😀 karena dari sisi kerjaan struktur network, saya ada didalam sini. pekerjaan saya adalah ngurusin element GSM yang bernama HLR. (Home Location Register). NSS ini sering disebut juga core network (cornet). Disebut demikian karena pada bagian inilah semua trafik dari network element dipusatkan. Sesuai standard GSM, semua trafik signalling, data, voice, dan lainnya musti lewat bagian NSS ini. jadi NSS itu seperti konsentrator gitu yang nantinya akan menswitch/melempar semua trafik yang masuk kesana sesuai dengan tujuannya.

Jika dianalogikan, bagian NSS ini berfungsi seperti switch dijaringan komputer dimana fungsi switch ini adalah memeriksa paket yang masuk, menganalisanya, dan kemudian memutuskan output port manakah sebagai tempat keluar paket tersebut.

analogi lainnya adalah telpon rumah (fixed phone). masih inget telpon rumah kan? tiap kali dial, kan pasti akan selalu nyambung ke sentral tuh? nah sentral itulah bagian NSS. jadibagian NSS itu bakal ngurusin sentral GSM, ngurusin dial plan, ngurusin data pelangan, ngeblok pelanggan, dll

Teknologi yang dipakai di NSS?

Pada jaman dahulu setiap vendor membuat sendiri perangkat sentral mereka, dan peralatan tsb tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya. Namun dengan adanya standard protokol komunikasi, maka pelanggan dari sentral ericsson bisa nge-call ke pelangggan yang berada di sentral huawei.

Beberapa vendor membuat sendiri perangkat sentralnya: membuat system board (mainboard sendiri), membuat modul hardware sendiri, membuat rak sentral sendiri, membuat software sentral sendiri, yang biasanya hardware based. ini dikarenakan untuk pemrosesan switching & routing, memang memerlukan processing power yang tinggi. mirip dengan hardware-router vs pc-router gitu..

Saat ini beberapa komponen NSS ada yang berbasis teknologi IT (mis: OS UNIX, oracle database, cluster, dst). Namun aplikasinya yang diinstall diatasnya tetap dibuat spesifik untuk telco.

Element apa aja yang di pakai NSS?

ya yang pasti element core network. misal:

  • MSC (mobile switching center). berguna untuk switching & routing, signalling, dll.
  • HLR (home location register). tempat naruh profile pelanggan. nah saya dibagian sini dulunya.
  • AuC (Authentication center). gunanya untuk authentikasi, mengenerate semacam token gitu untuk authentikasi. kalo anda belajar public key & private key, nah semacam itulah fungsinya. dia akan menggenerate key tersebut untuk kemudian dipakai untuk proses authentikasi.
  • VLR (visitor location register). tempat data pelanggan yang sedang aktif. mirip dengan HLR, tapi ini untuk visited subscriber. dengan ada VLR ini, maka pelanggan bisa “mobile” dari satu tempat ke tempat lainnya.
  • EIR (Equipment Identity Register), ini buat register handset kamu. jadi kalo handphonenya kecurian, maka kita bisa blok bahwa handset tersebut supaya tidak bisa masuk ke jaringan. jadi percumana aja nyuri handset karena itu handset udah di blacklist.
Beberapa gambar:
Kalo jaman dulu, komponen diatas menggunakan hardware yang kurang lebih mirip.  jadi element yang disebutkan sebelumnya (MS, VLR, dst) adalah separasi di level aplikasi aja. sehingga orang MSC juga bisa mengurus HLR, VLR, dan lainnya. Saat ini, seiring dengan perkembangan jaman, beberapa perangkat dibuat terpisah dengan peralatan yang lebih canggih. misalnya NT-HLR ini.
Kalo Kerjaan orang NSS?
  • Instalasi perangkat, trus integrasi ke network yang ada
  • OAM (Operation and maintenance). mis: upgrade perangkat, nge-patch, ganti hardware, setting sesuai permintaan customer, customer ngak bisa masuk ke network, ngecek kenapa pelanggan tertentu ngak bisa call nomor tertentu, monitoring alarms, dst
  • Troubleshooting masalah core network. misal: ngak bisa ngecall, ngak bisa roaming, problem routing, dll
  • harus eskalasi problem dengan segera jika problemnya udah lama ngak bisa di-solved. hehehe :-p Vendor bakal kena penalti kalo misalkan ada problem yang ngak bisa di solved lebih dari beberapa jam.
  • mengurus routing & traffic engineering supaya cost yang dibayar menjadi optimal. misal kalo mau call ke operator lain atau call internasional kan bisa macem2 tuh? bisa lewat fiber, microwave, satelit, atau sewa dari vendor lain. nah tugas NSS adalah manage itu supaya optimal.
  • kerjasama dengan bagian lain kalo ada kerjaan yang perlu support dari NSS. misal: GPRS, HLR, IN, dll
  • ngurusin report performance dari perangkat NSS yang tersedia.
  • sekalian juga dimensioning, yaitu membuat prediksi trafic agar network yang sekarang dapat scalable.
  • dll (yang saya kelupaan)

Kondisi kerjanya gimana?

Orang NSS seringnya kerja indoor. Secara perangkat2 NSS umumnya indoor, ditaruh di ruangan yang dinginnya minta ampun. temen saya pernah sampe masuk angin karena saking dinginnya. jaket adalah perlengkapan yang must-wear kalo ingin kerja nyaman di site NSS. hehehe orang2 NSS itu kadang sering susah tidur (insomnia), atau siklus tidurnya terganggu, karena sering kerja malam bahkan sampai subuh. maksudnya kalo pekerjaan tersebut ada error/gagal, impactnya ngak besar karena para pelanggan masih pada bobo.

Skill yang diperlukan. ya tentu saja skill untuk ngurusin NSS:

  • Konsep GSM. ini harus ngerti, fundamental banget soalnya. WAJIB NGERTI!!! belajar GSM basic ngak ada urusannya dengan jual beli pulsa, install game di HP, dll yang seperti itu. Skill GSM basic ini sifatnya umum, yang mencakup secara general bagian-bagian yang ada di network.
  • Ngerti bagian core network. ini adalah pelajaran lanjutan dari GSM Fundamental. anda harus tau protocol flow dari GSM operation. misal: kalo operation “location update”, perangkat apa saja yang terlibat disana? message apa saja yang dikirimkan? dari mana, ke arah mana, isinya apa? kalo ada problem harus ngetap dimana? kalo pake E1 atau T1, harus tau timeslot mana yang dipake untuk nge-tap? ngetapnya pake software apa (wireshark, K12 atau K15)? filter apa yang dipakai di software tersebut? kalo udah bisa pasang filter, fileds apa aja yang perlu dilihat?
  • Ngerti operation flow perangkat2 lainnya yang NON-NSS. ini dikarenakan NSS adalah tempat dimana semua trafik berkumpul. engineer NSS harus tahu, ini problem NSS, Radio, IN, HLR, atau apa?
  • ngerti tools untuk analisis data. misal excel.
  • ngerti IP network, karena saat ini dan kedepannya IP network akan menjadi backbone core network.
  • ngerti signalling, karena ini adalah protokol telco tradisional yang masih dipakai dari sekarang. dimana protokol signalling ini udah ada sebelum TCP-IP. kalo bisa udah punya setifikasi CCNA atau sejenis.
  • ngerti UNIX, karena beberapa perangkat NSS berbasiskan UNIX.
  • untuk NT-HLR bisa baca disini.
  • Skill lain yang mungkin saya lupa. :-D

Tentang Job?

dalam operasional sehari2, jumlah orang NSS tidak sebanyak bagian radio karena memang perangkatnya sedikit. namun kalo kita memang udah punya skill yang bagus, tidak usah takut akan menganggur, karena orang bakal pake skill kita. dengan skill tersebut, kita juga bisa kerja di sektor non-telco.

semoga berguna bgi pembaca.

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.