Saturday, October 20

Apa itu NT-HLR?

Seorang rekan bertanya di milis GLC setelah membaca lowongan ini.

Mas, Achmad.
NT-HLR – Implement Provisioning Gateway in the live
network of NT-HLR itu sih job deskripsinya apa aja?
Skill yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut apa saja?

NT-HLR adalah sebuah produk keluaran NSN (Nokia Siemens Networks), yaitu sebuah produk yang berfungsi sebagai HLR (Home Location Register)

HLR itu apa?
HLR adalah mesin yang berada dalam core network untuk menampung database pelanggan mobile dalam standard GSM/UMTS. jadi nomer telepon kamu itu disimpan disini. setiap nomor punya profilenya masing2. apakah kamu prepaid, postpaid, feature yang kamu bisa pake (mis: videocall, sms, dll), settingnya ada di HLR. Blokir nomor/feature dilakukan di mesin HLR ini. HLR juga berguna untuk menyimpan kode area dari sebuah nomor, dan sering HLR dipakai untuk security & authentication.

HLR koneksi dengan mesin apa aja?
karena fungsinya sebagai tempat simpan data pelanggan, HLR punya koneksi dengan banyak mesin. ke MSC, Billing, provisioning (misal kalo buat nomor baru), SMSC, IN, VMS, SGSN, VLR.

wah berarti mesin penting dong?
ya eyalah… kalo mesin ini down, pelanggan ngak bakal bisa dihubungi, dan kemudian ngak bisa call. karena ngak bisa call/nomor yang dihubungi ngak bisa di reach, pelanggan akan mencoba lagi dan lagi, dan karena ada ribuan yang mencoba seperti ini, akan menaikkan load jaringan karena tingginya call attempt. kalo ngak dilokalisir, network bisa down karena BTS, BSC, MSC, dll pada klepek-klepek….

bedanya NT-HLR dengan HLR lainnya?
NT-HLR adalah mesin HLR terbaru keluaran NSN. generasi sebelumnya disebut HLRi, dan generasi sebelumnya lagi disebut HLR EWSD (HLR classic).

bentuk fisik NT-HLR seperti apa?
hardware NT-HLR ada beberapa mesin. jadi modelnya cluster gitu.
ada yang jadi front-end (beberapa mesin), ada yang jadi backend (beberapa mesin). semua element dalam telco adalah fault tolerant. gunanya untuk meminimasi single point of failure. teknisnya bisa dengan redundansi, eg. dedundant power supply, server, CPU, RAM, switches, cables, dll.

Tidak seperti HLRi yang mesinnya gendut-gendut (seperti hardware ini). NT-HLR menggunakan server2 kecil tapi banyak. hardwarenya bisa pake sun, atau fujitsu yang kecil2, yang berukuran 1-2U. kalo satu cluster HLRi bisa sampe 2-4 mesin yang gendut2  (sampe sebesar lemari baju besarnya), NT-HLR bisa sampe 16 mesin bahkan lebih, ini karena NT-HLR modelnya distributed, sehingga kalo mau nambah kapasitas, ya tinggal beli mesin baru lagi trus ditambahkan ke cluster. karena mesinnya banyak, harus kudu ati2 kalo ngeremote, jangan sampe salah maintenance. hehehe

kalo software NT-HLR seperti apa?
yang jelas semua mesin pake keluarga UNIX. Solaris OS adalah dominan disini. meskipun ada juga mesin yang pake linux. untuk instalasi, semua mesin diinstall via network. jadi udah ngak jamannya lagi pake CD/USB. dan instalasinya juga udah canggih. ada server khusus untuk instalasi via network. semua software ditaruh disana, juga konfigurasi untuk tiap client. jadi begitu client diinstall, yang diinstall bukan hanya OS doang, tapi juga software pendukung lainnnya misal: oracle, signalling, failover, network management, telecommunication platform, dll. semua software ini diinstall otomatis via network. jadi ngak perlu capek2 nunggu instalasi, dan memiminasi human error.

kalo brainware NT-HLR seperti apa?
ya berarti perlu orang yang ngerti software & hardware diatas. terutama cara mengoperasikan NT-HLR tersebut. Tau cara konfigure mesin, tau cara configure signalling, tau cara mentrace nomor pelanggan, tau cara pake protocol analyzer (k15/wireshark), kuat konsep networkingnya, tau cara setup routing & firewall (kalo perlu), tau command UNIX/Linux, ngerti GSM protocol, tau system GSM, ngerti troubleshooting, ngerti database (oracle), ngerti LDAP (karena databasenya ada yang LDAP juga), tau interface GSM (A interface, Gi interface, Gr interface, & interface lainnya), familiar dengan location update procedure, familiar dengan roaming procedure, bisa collect symtomps, familiar dengan NSN telco platform.

apa kerjaan NT-HLR engineer?
seperti brainware diatas: ya ngurusin NT-HLR, jawab pertanyaan kalo ada yang nanya, ngejelasin problem kalo ada yang ngak ngerti, kalo NT-HLR ada yang down harus segera di followup (meskipun lagi asyik nonton bioskop, hehehe…), juga harus support element yang lain seperti yang disebutkan diatas (MSC, SMSC, dll), untuk itu harus ngerti bagaimana mesin lain beroperasi (meskipun tidak sampe detil teknis). kadang ada problem tertentu yang lintas mesin untuk mensolvenya. jadi orang dari MSC, IN, HLR, Radio dll diskusi untuk problem tersebut. bisa jadi juga ada interoperability problem, misal: HLR dari NSN ngak bisa berkomunikasi dengan MSC Ericsson pada sebuah prosedur GSM. untuk problem ini, kita kudu ngetrace message yang dikirim untuk dianalisa: apakah HLR/MSCnya yang ngak support message, apakah format message udah ngikutin standard ITU-T, dll

spec untuk bisa jadi NT-HLR?
dari deskripsi kerjaan diatas, terlihat jelas bahwa ini adalah kerjaan yang multi disiplin. ada telco, networking, OS, database. akan lebih baik jika punya pengalaman disini. pengetahuan telco & networking & OS adalah yang paling vital disini. sangat berguna untuk troubleshooting & memahami cara kerja NT-HLR.

url pendek: http://bit.ly/ifhBrO

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.