Achmad Mardiansyah's Journal

manage your knowledge by writing it

Plagiarisme & lisensi illegal salingsapa.com

with 28 comments

UPDATE: email kedua dari jcows

Diskusi di milis masih terus berlanjut terkait dengan berita 3 bocah jago IT. hal yang dibahas adalah sekitar plagiarisme, pro plagiarisme, salingsapa.com, dan lisensi. rupanya mungkin ada yang masih bingung antara plagiarisme dan lisensi. OK, kita bahas satu-satu.

Tentang plagiarisme. Definisi plagiarisme dapat dilihat disini, yaitu:

Plagiarism is taking the ideas or words of others and passing them off as your own. Plagiarism is a type of intellectual theft.

Penetapkan sesuatu adalah plagiarisme pun ada prosesnya:

  1. ada klaim. klaim/pernyataan ini berisi bahwa seseorang membuat sebuah produk yang merupakan hasil karya sendiri bukan copy dari orang lain. bentuk klaim ya macem2, di UNSW, kita wajib membuat pernyataan ini setiap kali kita submit assignments, papers, atau exams. isi pernyataan intinya adalah bahwa yang ditulis dalam assignments/exams/papers adalah hasil kerja kita sendiri, bukan copy dari orang lain.
  2. setiap klaim harus ada references/buktinya. jika dalam paper kita menulis, “indonesia’s internet penetration is the highest in asia” kita perlu nyebutkan siapa yang bilang begitu, dan harus tulis referencesnya apakah itu sumbernya dari research kita, atau dari tulisan/research orang lain?
  3. Kemudian ada pengecekan atas klaim & referencesnya. proses pengecekan ini biasanya dilakukan oleh supervisor, lecturer, penguji, atau publik. nah jika referencesnya salah, atau tidak mencantumkan references, maka paper hasil karya kita adalah plagiarism. dan di UNSW, plagiarism adalah kebuah kejahatan akademik. tidak ada alasan bagi kita untuk pura2 lupa dengan plagiarism. karena setiap student baru yang masuk, UNSW mewajibkan tiap student untuk agree terhadap policy plagiarism.

Saya masih inget dulu ketika ikut academic-preparation program sebelum masuk kuliah. dalam paper saya, saya menulis “with internet, computers could communicate effectively without any barriers”. saya pun dikoreksi, “apa benar without any barrier?” saya jawab, “yes, the internet provides us a barrier-less communication”, kemudian ditimpali lagi, “can you prove that? what about firewall, filtering, and some other stuffs like that?”, ups.. saya pun mengerti kesalahan saya.

Tentang lisensi, definisinya dapat dilihat disini. pendeknya, lisensi itu adalah seperti surat ijin untuk menggunakan sesuatu. nah tergantung jenis lisensinya, tidak semua lisensi itu harus bayar. sekali lagi, silahkan baca lisensi aplikasi ketika mendownload sebuah software. beberapa lisensi yang terkenal adalah microsoft license, GPL, dan BSD.

Jika anda mendownload source code aplikasi, kemudian anda rubah, kemudian menutup source code tersebut, kemudian anda compile, trus jual ke konsumen, dan kemudian anda katakan bahwa aplikasi tsb adalah anda yang buat 100%, maka adalah salah besar jika anda mengembangkan dari aplikasi yang berbasis GPL (meskipun GPL itu opensource). kalo mau model yang liberal begini, ya download aplikasi yang lisensinya BSD. dalam dunia software, jika cara kita menggunakan software tidak sesuai dengan lisensi yang menyertai software tersebut, maka itu disebut software illegal.

di milis, ada rekan yang pro plagiarisme. Alasannya, plagiarisme adalah akal2an barat supaya kita ngak maju2, so kalo indo mau maju, maka harus pake plagiarisme. dueg… kaget saya baca ini. plagiarisme kok dibiarkan? saya sendiri adalah seorang akademisi & praktisi, dan pernah juga ngajar mahasiswa.

plagiarism level di kalangan mahasiawa benar2 parah. seenaknya aja copy paste punya orang. dia tidak tahu, bahwa pengecekan references juga semakin mudah dijaman ini. student yang comot dari internet, pengecekannya ya juga pake internet. jika ada paragraf bagus yang “too good to be true” kita bisa minta google untuk periksa.

ohya, mencontek adalah plagiarism loh ya. silahkan cek parahnya anak2 sekolah yang mencontek ketika ujian. jika plagiarism terus dibiarkan, maka: pantas jika banyak pembajakan di indonesia, industri software ngak berkembang (ngapain bikin software kalo cuman dibajak?), cari kerja pun akan susah karena industri ngak percaya lulusan perguruan tinggi (baca disini, disini, disini, disini), ujung2nya jelek untuk indonesia juga toh?

Terkait dengan salingsapa.com ada beberapa hal yang yang menarik disini:

  • terkait dengan plagiarism. salingsapa.com mengklim bahwa situs salingsapa.com mengklaim bahwa dia menciptakan situs salingsapa.com. menciptakan berarti dari tidak ada menjadi ada, baik dari sisi nama domain, maupun aplikasi yang dipakai disana. beritanya ada disini dan disini. klaim ini gugur karena setelah diperiksa, (dengan fasilitas view source) salingsapa menggunakan CMS jcows. sehingga berdasarkan definisi plagiarism diatas, salingsapa.com dianggap melakukan plagiarisme. ketika salingsapa.com melakukan klarifikasi bahwa situs tersebut bukan buatan sendiri, maka tidak menjadi plagiarisme. salingsapa akan dicap plagiat semenjak buat klaim sampai melakukan klarifikasi.
  • terkait dengan lisensi. salingsapa.com jelas tidak membuat sendiri softwarenya, melainkan mencomot dari jcows. karena itu harus tunduk pada aturan main dari jcows. salingsapa mengklaim bahwa dia membeli cms dari jcows. ok, saya pun berinisiatif mengecek kebenaran klaim tersebut. biar jelas duduk perkaranya. nah dibawah ini hasilnya:
  • saya tulis disini isi emailnya: (anda juga bisa konfirm sendiri ke jcows untuk cek & recheck)

Hello,
Salingsapa.com has no a commercial license, and is illegally using our product.  We will have our lawyer to deal with it someday.
Thank you for your reporting.
Best Regards,
Bruce

Semoga menjadi lebih jelas sekarang.

Tujuan tulisan ini bukan untuk sirik2an terhadap salingsapa.com. melainkan kritik positif terhadap media pemberitaan. saran saya untuk salingsapa.com, sebaiknya menulis klarifikasi langsung di website atas pemberitaan media yang ada. Sehingga publik tidak perlu heboh begini, yang pada akhirnya menurunkan image salingsapa.com (atau malah sebaliknya?). hehehe :-p

Saran juga, untuk panitia lomba IT, penyelenggara ITB, media, atau panitia yang semacam ini, sebaiknya mengecek juga plagiarism & lisensi dari peserta. kan kasian toh kalo bermasalah dikemudian hari? udah di cap bagus dan dianggap seperti pahlawan, kemudian dihempaskan jatuh. publik sekarang tidak bodoh, informasi bisa dengan cepat disebar.

url pendek: http://bit.ly/e6zelV

28 Responses to 'Plagiarisme & lisensi illegal salingsapa.com'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to 'Plagiarisme & lisensi illegal salingsapa.com'.

  1. […] This post was mentioned on Twitter by Fajar Rahman, Sam Ardi. Sam Ardi said: Salingsapa.com akan diproses hukum ? http://j.mp/gSZFAb *berasa aneh* […]

  2. […] update: konfirmasi dari jcows tentang lisensi salingsapa, dapat dibaca disini. […]

  3. salingsapa.com mengklim bahwa situs salingsapa.com mengklaim bahwa dia menciptakan situs salingsapa.com. menciptakan berarti dari tidak ada menjadi ada, baik dari sisi nama domain, maupun aplikasi yang dipakai disana. beritanya ada disini dan disini. klaim ini gugur karena setelah diperiksa, (dengan fasilitas view source) salingsapa menggunakan CMS jcows. sehingga berdasarkan definisi plagiarism diatas, salingsapa.com dianggap melakukan plagiarisme

    Kalo saya bikin web pake mysql, php,django, atau CMS drupal , saya ga bisa klaim kalo itu bikinan saya sendiri ya?
    Kan mysql,PEAR,

    Langit Biru

    14 Feb 11 at 10:59

  4. hahaha… kasian banget sih lu boii… ikut2an heboh cuma gara2 karya anak kecil… :))

    satriano

    14 Feb 11 at 11:16

  5. Mantab gan, sebagian saya kutip ya di artikel saya, terutama definisi plagiarisme (toh itu hasil copas khan, hehe). @langitbiru, bila membuat web sendiri berbasis CMS tertentu, ya buatlah kreditasi / penjelasan tentang itu, jangan ditutup-tutupi. Menggunakan MySQL pun sama, jangan lantas mengklaim membuat MySQL. Memakai atau mengembangkan dan menciptakan khan beda.

    Mpu Gondrong

    14 Feb 11 at 12:04

  6. udah beli die bro,..silahken cek: http://www.jcow.net/license/?domain=salingsapa.com

    rudy tarigan

    14 Feb 11 at 14:00

  7. @Rudy : belum beli Gan, klo dah beli tu kayak gini : http://www.jcow.net/license/?domain=zapto.in

    Presiden Idiotnesia

    14 Feb 11 at 15:17

  8. @Bang Rudy dll: di KAskus Ada yang bilang klo beli lisense itu yang kayak http://www.jcow.net/license/?domain=www.zapto.in

    Nah klo http://www.jcow.net/license/?domain=salingsapa.com seperti yang dikasih bang Rudi itu katanya belum beli lisensi.

    Mohon pencerahannya.

    Tapi “diluar” masalah lisensi, anak ini punya keinginan untuk “berinovasi”. Yah tinggal “pengarahan”nya aja yg benar-benar 🙂

    chandra p

    14 Feb 11 at 15:56

  9. Om Admin, ijin minjem gambar e-mailnya, buat di taruh di tempat ane XD..

    Linknya gak ane taruh di sini, takut dikira Promo.. XD

    Presiden IDIOTNESIA

    14 Feb 11 at 17:02

  10. Ohh iya, ane sebut sumbernya koq, tapi direct link ke imagenya

    Presiden IDIOTNESIA

    14 Feb 11 at 17:04

  11. Lupa lagi bilang, gambarnya ane host di server ane sendiri, tapi ngasih Credit ke alamat websote + Direct Link ke Gambarnya.. XD

    Presiden IDIOTNESIA

    14 Feb 11 at 17:15

  12. waduh waduh pak..

    anak kecil klo salah tuh di lurusin, musti banget di caci maki

    hakimdanjaksa

    14 Feb 11 at 17:48

  13. @hakimdanjaksa

    Ga cuman anak kecil, ke anak gede juga harus gitu. Jangan mencaci maki sebelum mencoba meluruskan/menasihati.

    Kalo kita salah, kita juga pengennya digituin kan ?

    Langit Biru

    14 Feb 11 at 21:08

  14. seharusnya Bapaknya itu yang harus jujur, kapan site nya mulai dibuat dan bagaimana bentuk awalnya, saya baca klarifikasi Bapaknya katanya sudah 6 bulan dibuat anaknya , tapi kalau di lihat di Jcow baru bulan 11 tadi. inilah susahnya bro kalau kita mau kasih tahu baik-baik pasti orang bilang sirik. malah ada yang bilang biarlah orang berkata negatif gag apa-apa.. itulah susahnya negeri ini.

    saya sih cuma ngasih apresiasi aja atas semangat anak tuh belajar IT, tapi klu soal kesalahannya ini ya tidak harus dibenahi ini.

    Tapi gimana di Japri aja dia gag bales-bales …

    m13th

    15 Feb 11 at 00:42

  15. Update pagi ini: http://www.jcow.net/license/?domain=salingsapa.com < udah beli licensi kayaknya 🙂

    chandra p

    15 Feb 11 at 08:51

  16. hehe namanya juga masih tingkatan pemula boss jadi memang belum tahu ke arah sananya. 🙂

    tapi opini ini mantep banget deh. menambah khazanah untuk saya 🙂

    andi sakab

    15 Feb 11 at 09:44

  17. Achmad Mardiansyah

    15 Feb 11 at 10:43

  18. […] komentar tulisan saya yang bernada mencaci-maki, tolong dikutip bagian mana yang “mencaci-maki” biar saya […]

  19. baris terakhir tuh yang mengena … pahlawan -> down -> pastinya muncul caci maki

    nasib 😀

    hendito

    15 Feb 11 at 19:45

  20. saya sebagai salah seorang mahasiswa ngeh kok mas..
    ya emang kadang ada anak jenius.. tapi tentu perlu dibuktikan dulu orisinal ngga nya. moga ngga cuma boongan lagi..
    media juga punya andil besar mas disini.
    pemberitaan mengenai beberapa hal oleh media saya rasa sangat berlebihan.. jadi ngeboom aja tapi isinya distorsi

    elhave

    19 Feb 11 at 17:01

  21. Kenapa ini anda permasalahkan?…
    ini seingat saya, pas acara tvone di itb itu, ini ciptaan bapak dan anak, *ciptaan gak mesti mulai dari 0. dan ini katanya merupakan pengembangan. itu pun seingat saya… kalo salah, apa menjadi masalah?…

    jadi mau apapun itu sourcenya, atau pengembangan apa aja gak masalah, jika lupa dengan mencantumkan powered by, licenced by, atau apakah itu by by lainnya… gak menjadi suatu masalah… asalkan mendapat restu/ijin dari yg punya source, no problemo bozz…

    tapi jika ternyata belum pny ijin, juga gak masalah, jika dibesok harinya baru membeli lisensi, dan meminta maaf pada yg pny source, selesai…

    yang saya tidak suka dari kata2 anda itu “plagiarisme” jika point 1,2,dan 3. emang salah, terus kemudian hari diperbaiki karena tau emang salah, emang kenapa?????… apa yang salah sam?…

    kita ini anak indonesia, semua belajar dari kesalahan, jangan dikatai pembodohan publik, mencontek lah, apalah, ya mgkn km kuliah di australia emang pintar, gak contek, dan lain2…

    kalo saya jadi anda, saya gak bakalan mencari kesalahan anak itu, trus dipublikasikan, tapi saya akan menghubungi anak itu atau bapaknya, untuk memperbaiki kesalahan2nya!!!!!!

    Andri Fahlevi

    25 Feb 11 at 15:13

  22. tambahan komentku:
    dia jg buatnya gak sendirian, situs itu dibuat anak dan bapak, apapun itu campur tangan bapaknya gak masalah, namanya juga anak kecil, emang ada anak kecil keluar langsung pinter?…

    anak kecil itu mulai belajar melihat, mendengar, merasa, berdiri, belajar, dan seterusnya….. JANGAN DIMAKI2, dikatakan PLAGIATlah, PEMBOHONG LAH…

    Andri Fahlevi

    25 Feb 11 at 16:01

  23. @andi fahlevi: artkel ini masih ada sambungannya. silahkan dibaca dan berikan komentar disana

    Achmad Mardiansyah

    26 Feb 11 at 12:15

  24. Ok, bukan masalah, plagiarisme, tapi membeli hasil kode sumber jcow beserta modul dan segalanya, kemudian menjadi hak milik pribadi, di upload ke hosting, sewa domain, trus di ekspos ke media massa, bahwa apa yang dikerjakan si anak kecil itu adalah pengembangan, tertulis di CPAL pada jCow, tidak sembarangan kita menghapus kata2 “Powered by jCow” karena jCow mempunyai aturan2 didalam melindungi kode sumbernya. Masih ada kok yang benar2 opensource, seperti ELGG, ya, seperti itulah bangsa kita dari kecil didik jadi “PENGEMBANG”

    developercr

    28 Feb 11 at 17:00

  25. […] hati2 sekali dengan issue ini. mereka ingin terlihat sebagai institusi yang memang concern dengan plagiarism. untuk itu mereka mendesign arsitektur networknya agar mendukung objective tersebut. berikut ini […]

  26. Yang tidak betul tuh orang tuanya, mengapa mereka mendorong anaknya untuk membuat kebohongan, kalau anak kecil sih mungkin manut manut wae. Nah kalau jadinya kayak gini mau gimana nih, orang tua atau pendukungnya yang seharunya mengerti soal beginianlah yang harus bertanggung jawab

    ESC CREATION

    21 Apr 11 at 00:10

  27. Assalamualaikum wr.wb.,

    Sukses untuk anda, semoga bisa menjadi agen perubahan, btw, Bagaimana dengan orang Autralia yang mengambil tanah orang ABORIGIN, it is not thieft?, Bagaimana dengan perubahan penulisan angka ARAB basis 10, titik diganti bulatan yang berarti nol ?,It is not thieft ?, Bagaimana dengan Copernicus dia bilang matahari sebagai pusat tata surya, it is not thieft ?, Bagaimana dengan Penajajahan Inggris, Belanda, Perancis di Asia, It is not thieft ?, masih banyak lagi wahai adiku yang baik dan penuh cita-cita.
    u r idealist, fresh, young, i proud of you, saya waktu seumur anda juga seperti itu, mungkin lebih lagi.

    wahyu

    27 Mar 12 at 09:15

  28. @wahyu: wa’alaikumsalam. thank you udah berkunjung kemari…
    sampean udah nulis banyak, tapi saya belum ngerti maksud anda. apa sampean setuju dengan tindakan saling sapa yang mengklaim menciptakan produk ini atau gimana yah? apakah sampean setuju dengan kegiatan menyontek di UI/ITB/lainnya?

    Achmad Mardiansyah

    28 Mar 12 at 00:31

Leave a Reply