Sunday, April 22

Apa itu BSC (Base Station Controller) & BTS (Base Transceiver Station)?

beberapa waktu lalu ada yang tanya ke penulis:

mksd aku, kalo HLR kan biasany berupa server fujitsu / sun dgn OS solaris. Nah kalo BSC itu sama juga nga?ย Oiya, letak router2nya biasany dimana ya?ย Saya jd mengawang2 nga jelas tentang arsitektur seluler nih ๐Ÿ™‚

Dari namanya (Base Station Controller), BSC adalah peralatan untuk mengontol BTS (Base Transceiver Station). BSC itu seperti otak/commander dari BTS-BTS, tanpa BSC, BTS-BTS itu seperti orang o’on, ngak bisa ngapa2in.

BSC diletakkan dimana?

tidak seperti BTS yang letaknya outdoor, BSC letaknya indoor. biasanya satu gedung dengan peralatan core network lainnya.

BSC bisa handle berapa BTS?

tergantung modelnya, sebuah BSC dapat mengandle sampai ratusan BTS.

Berarti BSC barang penting dong?

ya eyalah… penting. bayangin aja kalo 1 BSC down, ratusan BTS jadi pada begong semua dong? pelanggan ngak bisa kirim SMS/nelpon/unreachable, dan bakal mencak2 ke customer service (CS). heheheh :-p (eh ngak bisa mencak2 ke CS ding, kan ngak dapet sinyal? :-p)

Apa saja yang di kontrol oleh BSC?

Beberapa fungsi penting yang dihandle BSC:

  • Handover (ini penting banget, kalo ngak ada ini ya bukan mobile communication namanya)
  • Timeslot dari BSC ke BTS & BSC ke TRAU (ini apa lagi, penting bgt)
  • Radio channel allocation (ini juga penting)
  • Measurements ini buat ngukur quality dari sebuah call process (ini penting)

Seperti apa hardware BSC?

BSC adalah komponen critical, sehingga komponen2nya adalah redundant: redundant power supply, modules, cables, dll. sayangnya BSC adalah barang propietary, jadi ngak dijual bebas di mall atau supermarket. juga tidak menggunakan komponen seperti PC biasa yang bisa dirakit seenaknya. juga tidak menggunakan server dari sun/fujitsu atau vendor IT lainnya. kalo mau liat BSC, ya datang ke vendornya atau operator telco. contoh barangnya seperti dibawah ini:
http://www.motorola.com/Business/XC-EN/Business+Product+and+Services/Cellular+Networks/GSM+RAN/Motorola+BSC2_Loc_XU-EN_XC-EN_XM-EN_XE-EN_XN-EN_PK-EN_XF-EN .

BSC kliatannya rumit deh, bagaimana belajarnya?

Karena barangnya mahal, dan jarang dipasaran, maka orang2 yang ngerti ini pun tidak banyak. biasanya diperlukan training khusus untuk menguoperasikan hardware tsb. namun sebelumnya engineer yang bersangkutan juga harus belajar konsep GSM beserta operationnya yang sifatnya non-hardware.

Bagaimana untuk monitoring BSC?

Dalam organisasi telco ada department yang khusus untuk melakukan monitoring terhadap Network element (MSC, HLR, BSC, dll). jadi monitoringnya terpusat. BSC ini biasanya punya interface khusus untuk monitoring sehingga monitoring devices dapat mengakses parameter apa saja yang ada disana.

Ohya, kalo BTS itu apa? yang tower itu yah?

BTS adalah equipment paling luar yang berhubungan langsung dengan mobile station (handphone/mobilephone). jadi BTS inilah yang menyediakan wireless access ke mobile station kamu. BTS itu bukan tower. BTS itu terdiri dari beberapa komponen dan tower tidak termasuk komponen tersebut.

Kalo bukan tower, BTSnya yang mana dong?

kalo kamu lihat tower telco, biasanya ada rumah kecil (shelter) yang berada dekatnya toh? nah didalamnya terletak komponen inti BTS tsb.

apa saja komponen BTS?

beberapa komponennya adalah:

  • Transceiver/Receiver. buat nerima/kirim sinyal
  • Power supply. ya iyalah… :-p
  • Combiner. supaya bisa nerima beberapa sinyal dengan menggunakan 1 antenna.
  • Duplexer. supaya bisa ngomong fullduplex.
  • Antenna. jelas dong… antenna ini yang di cantolkan ke tower.
  • Alarms
  • software things gitu deh… BTS kan bisa di flash gitu firmwarenya. kemudian fungsi ini juga menyediakan parameter untuk monitoring.

Kalo antenna, apa harus di tower?

tentu saja tidak. ada yang outdoor, ada yang indoor seperti gambar dibawah ini:

biasanya sih dipasang di langit2. jadi kalo kamu lihat ada yang nongol seperti gambar, bisa jadi itu adalah sebuah antenna BTS.

tentang router, yang jelas router diletakkan di rak. dan gunanya tentu saja untuk routing.

semoga berguna bagi yang membaca.

 

29 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *