Saturday, November 18

Compile C socket programming in solaris OS

Suatu hari ketika sedang mengerjakan assignment network programming, kita diberi tugas untuk membuat program server & client untuk kuliah networking. ceritanya program server kita nanti akan diakses oleh software client yang kita buat. untuk itu tidak lain dan tidak bukan, ini adalah tugas socket programming. implementasinya bebas, boleh pake c, java, python, dll. Saya pun memilih menggunakan bahasa C untuk socket programming ini, dikarenakan komputer lab menggunakan windows 7, dan diinstall cygwin untuk compile & running program kita.

UNIX/Linux/BSD adalah memang surganya kegiatan development. Mau belajar bahasa programming apa aja ada disana. instalasinya pun mudah dan ngak ribet. susah dibayangkan jika developmentnya menggunakan windows.

Saya menggunakan solaris sebagai OS server, dan FYI, oracle/sun menyediakan compiler gratis yaitu sunstudio untuk mengcompile source code anda. hanya saja kita perlu download & menginstallnya di OS kita. Dengan alasan praktis, saya menggunakan gcc yang sudah terinstall ketika instalasi.

Untuk compile, biasanya kita menggunakan command: “gcc -o fileobject filesource.c” untuk compile. sayangnya, compilasi ini akan sukses jika source code kita sederhana dan tidak mengandung unsur socket programming. jika source code kita menggunakan library socket, maka opsinya perlu ditambah. syntaxnya menjadi: “gcc -lnsl -lsocket -o echoServ echoServ.c“. setelah ini program anda akan dapat dicompile dengan sempurna.

semoga berguna bagu yang membaca…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *