Wednesday, June 13

Apa itu “mutually exclusive”?

http://intmstat.com/counting-probability/mutually-exclusive.gif
Suatu hari di sebuah kelas engineering, ada rekan yang bertanya ke saya, “mutually exclusive itu apa sih?” setelah beberapa lama menjelaskan, rupanya dia ngak mengerti sebuah kalimat dari textbook english yaitu, “dimensions of quality are not-mutually-exclusive”.

Berarti untuk memahami kalimat tersebut, maka kita harus tahu dulu arti mutually exclusive. saya jawab dengan singkat, “mutually-exclusive artinya independent, jadi not-mutually-exclusive artinya tidak independent alias saling berhubungan“. temen saya pun tambah bingung, kok bisa yah? hehehe…

Istilah mutually exclusive awalnya muncul dari bidang studi statistics, namun dalam tulisan kali ini, saya bahas literal meaningnya aja. takutnya kalo membahas statistics jadi pada males membaca… hehehe. istilah mutually exclusive sangat banyak dipakai dalam bidang engineering dan pendidikan, jadi jika sampai tidak mengerti artinya, maka akan kesulitan memahami bagian ilmu selanjutnya. saya lebih suka belajar sesuatu dari bahasa aslinya karena dapat meminimalisir error pada saat translation. ok kita bahas satu satu:

mutual. mutual artinya sebuah hubungan yang saling berinteraksi (dua arah), dan sama levelnya.

  • saya dan komputer bukan hubungan mutual, karena hubungannya satu arah dimana saya memberi command ke komputer.
  • saya dan istri saya adalah hubungan mutual karena kita saling berinteraksi pada level yang sama.
  • beberapa contoh: mutual relationship: hubungan yang seling sejajar. mutual benefits: saling memberikan benefits.

Exclusive. exclusive bermakna terbatas, hanya untuk kelompok tertentu, tidak menerima input dari luar, atau memberi output keluar. jadi seperti katak dalam kardus box gitu, yang terbatas hanya disitu2 aja. dalam penggunaannya, exclusive identik dengan “mahal”, padahal tidak selalu seperti itu. beberapa contoh:

  • tas exclusive: artinya tas yang terbatas untuk golongan tertentu saya (biasanya golongan kelas atas) yaitu golongan yang mampu membeli tas tersebut.
  • partai eksklusif. artinya partai yang terbatas dalam hal keanggotaan, dan tidak berinteaksi dengan dunia luar, serta dimensi terbatas lainnya.

Berarti mutually exclusive gimana dong? mutually exclusive berarti saling exclusive, saling tidak berinteraksi, saling tidak mempengaruhi. contoh pada kalimat: “jumlah siswa adalah mutually exclusive dengan jumlah kematian” artinya kedua variable tersebut saling tidak berkorelasi, dan bisa jadi juga saling tidak mempengaruhi satu dengan yang lain.

Waktu itu saya menjelaskan ini dengan menggunakan diagran venn ke rekan saya. sehingga set(himpunan) yang mutually exclusive berarti tidak mempunyai irisan diantara mereka.

semoga berguna bagi yang membaca.

URL pendek: http://wp.me/pRkxT-my

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.