Tuesday, December 7
Shadow

Kemalingan di Sydney & Bule pencuri. Selalu waspada dimana saja…


Barusan dapet informasi dari rekan saya (mbak ella, anak AusAID juga) bahwa apartmentnya kemalingan tadi malem, saat ini rumahnya sedang disidik polisi. Informasi yang didapat sejauh ini: ciri2 malingnya adalah bule, umur 18-22 tahun, pakai sweater hitam. masuk lewat jendela, dan membobol kawat yang ada disana. Yang dicuri: laptop, kamera…

alamaak… yang dibawa kabur laptopnya bo! buat student yang lagi sekolah disini, laptop bisa dibilang separuh nyawa… gimana tidak? assignments, projects, lecture materials, papers, foto2, dll semua ada disana… haaaaah… bukan harga laptopnya bro… tapi data di dalam laptopnya itu yang jauuuuh lebih mahal.

Pihak AusAID sendiri, juga telah mewanti2 pentingnya backup data yang disimpan di tempat yang aman. terutama jika terjadi hal2 seperti ini. tentu saja AusAID akan melihat case-by-case, namun secara general, AusAID tidak memperpanjang masa study karena urusan backup adalah responsibility pribadi. Secara kasus ini udah familiar dengan mereka.

Saya berdoa, semoga barang yang diambil akan digantikan dengan yang lebih baik, dan malingnya segera tobat!! amiin.

Berita ini sekaligus membuktikan bahwa dinegara seperti australia, pencurian tetap terjadi. Adalah salah besar jika kita beranggapan, “ah di Australia aman kok, nyante aje“. memang frekuensi kriminalitas sydney tidak seperti jakarta, namun tetap harus waspada. Beberapa berita pencurian semenjak saya di sydney & tips untuk menghindarinya:

  • di library UNSW, sering terjadi pencurian gadget (laptop, iphone, dll). mulai dari saya masuk sampai sekarang. intinya, itu gadget jangan dibiarin sendirian. harus elo jagain. meskipun elo cuman ke toilet doang. emang ada CCTV disana, cuman udah ngak ngaruh. jangan dibayangkan CCTV yang seperti film2 itu. itu cuman film, ngak real!!
  • Sepeda gue juga dimaling orang. padahal gue parkir di dekat tangga apartment (tangganya indoor pulak). lihat disini: hadoh hadooh…. salah sendiri juga sih, sepedanya ngak dikunci. dikira aman ditaruh didalam. hehehe.. ehh ngak taunya di curi juga.
  • ketinggalan tas kecil di taxi. waktu itu buru2 ke bandara. setelah lewat gate, lupa tasnya ketinggalan di taxi. hadoh hadoh…. pas balik, udah kabur itu taxi dan saya pun ngak ingat nomor taxi / nama drivernya. udah telpon ke callcenter taxi yang bersangkutan, namun belum ada laporan kehilangan dari mereka. nasiib nasib.. oh ya, yang hilang: handphone & kamera. ya allah, mudah2an diganti dengan yang lebih baiiiikkk… amiiin…
    tips naik taxi: 

    • bagusnya pake taxi yang langganan sih, jadi kita udah kenal baik dengan dia. cuman pada waktu itu, taxi langganan gue lagi off. dia abis lembur semalaman…
    • kalo kita naik taxi & drivernya ngasih service yang baik, minta aja nomer HPnya. ntar kita hubungi dia kalo mau pake.
    • jangan lupa catet nomer taxi / nama driver.
  • Kemalingan di mbak ella ini. tips:
    • Untuk yang tinggal di apartment, terutama lantai bawah pastikan jendelanya udah dipasang teralis pastikan ada ketika kita mau nyewa apartment. atau jika belum ada, bilang ke ownernya supaya dipasangin bars (englishnya teralis).
    • Jangan lupa kunci jendela kalo kita lagi off (tidur / pergi). meskipun anda tinggal di apartment paling atas, itu maling bisa manjat loh… seperti yamakasi getho kali yak?
    • kalo punya blinds (seperti curtain gitu), blindnya dipasang supaya maling nga bisa liat isi ruangan.

Tulisan ini sama sekali bukan untuk menghina orang bule atau bermaksud rasis. Tetapi hanya ingin menunjukan keadaan yang sebenarnya bahwa orang bule itu juga manusia, dan ada diantara mereka yang melakukan berbuatan tidak baik, mereka bukan malaikat yang selalu baik memberi uang/kerja/beasiswa atau lainnya.

Sekali lagi, ini bukan rasis, saya berharap pembaca menjadi lebih sadar dan rasional ketika berhubungan dengan orang bule, karena kebanyakan orang indo beranggapan orang bule itu selalu kaya, punya banyak duit, selalu baik, selalu pintar, dll yang baik-baik… tidak, mereka juga manusia biasa yang bisa emosi, bisa kasar, bisa bokek, bisa menjadi pengemis, bisa nipu, dll yang jelek-jelek. hehehhe :-p

Sekian dulu, mudah2an bermanfaat bagi pembaca.

url pendek: http://bit.ly/jVLx5t

2 Comments

  • hari

    Salam,
    Mungkin adabaiknya untuk dibiasakan para student menggunakan cloud server utk simpan data2 penting. Drobox, docs.google, live.com dan beberapa contoh lainnya.

    Kan yg penting bukan laptopnya, tp dalemannya…

    semoga bisa share ke present student lainnya.
    salam

  • @hari: hmm itu bisa jadi alternatif juga. tapi dalam kenyataannya jarang ada yang mau nyimpen di cloud. saya rasa ini karena budaya yah. budaya backup memang belum jadi standard orang2 kebanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.