Saturday, November 18

Ulasan singkat Unity 2D di Ubuntu Natty 11.4


Pada tulisan sebelumnya saya udah cerita secara singkat tentang ubuntu 11.4 dengan unity yang buggy. Ngak buggy-buggy amat sih, cuman sebal aja kalo lagi make trus aplikasi jadi hilang tampilannya dan kita harus ngerjain workaround supaya itu bisa lagi.

Saya sudah menggunakan full ubuntu untuk desktop saya sejak akhir 2008 akhir sampe sekarang. Dipake untuk kerjaan sysadmin, coding, tugas kuliah, dll. dulu sih seneng punya efek macem2 dengan compiz, hanya saja lama2 saya bosen dan fokus ke fungsi aja. alasan lain ketika menggunakan compiz adalah komputer jadi lebih lambat & berat, serta beberapa aplikasi menjadi buggy. misal ketika ngerun matlab for linux, scilab, dan virtualbox. belomย lagi kalo ngerun crossover, tambah buggy lagi tu program. karena itulah, saya selalu pilih mode “no effects”.

kalo dari saya pribadi, konsep unity adalah bagus. i like it ! yang bikin saya keberatan adalah compiznya itu loh (bikin buggy). asal compiznya off, bakal beres deh. cuman saya ngak tau cara buat itu jadi off secara official. kalo cara unofficial banyak: bisa aja diakalin paksa dengan mendelete compiz atau cara lainnya. cuman saya khawatir unitynya jadi ancur berantakan…

Dari milis ubuntu, ada yang menyarankan unity-2d. setelah dicek, unity 2D ini tidak termasuk paket upgrade. jadi kita perlu install lagi ini paket via synaptic atau software manager. mudah kok. tenang aja…

ohya, paket ini diberi nama unity 2D karena memang tidak mengaktifkan efek-efek desktop 3D seperti pada unity. Dimana efek-efek ini menggunakan compiz sebagai basisnya. target utama unity 2D adalah komputer yang tidak memiliki graphic card untuk menjalankan compiz. nah, Justru itulah yang saya cari: unity tanpa compiz. hehehe ๐Ÿ˜€

Setelah diinstall, kita harus logout, dan kemudian klik username kita. Pada bagian bawah, kita pilih Unity 2D sebagai desktop kita. Setelah itu anda dapat login seperti biasanya.

Pendapat saya:

  • Wow!! The best desktop in Linux. bravo team canonical!! karena udah bikin desktop yang bagus, ringan, mudah untuk digunakan. cocok banget kalo dipake di tablet PC, laptop, maupun netbook.
  • Layar menjadi lebih luas karena menu aplikasi akan ditampilkan di panel atas. sebelum menggunakan unity, saya biasanya membuat autohide “top panel” ini agar workspace saya menjadi lebih luas.
  • Saking senangnya, langsung saya tulis review untuk unity 2D di software manager (harus login dulu dengan account ubuntu one) dan kasih bintang2 untuk mereka. hehehe ๐Ÿ˜€
  • Desktop jadi ringan karena ngak nge-load compiz. well meskipun saya punya graphic card yang bisa ngerun compiz dengan smooth, tapi tetap saya lebih prefer unity 2D karena compiz itu yang bikin buggy.
  • Semua bug yang berkaitan dengan compiz tidak ditemukan disini.
    • Virtualbox berlajan dengan baik sekali. Saya udah coba mode fullscreen & scale-mode semua berjalan baik sekali.
    • Program matlab juga bisa ngerun dengan baik sekali. namun mungkin karena matlab adalah program external, maka menu pada program tersebut tidak muncul pada top panel.
  • kritik:
    • kalo bisa itu aplikasi dikelompokin. seperti menunya gnome itu loh. biar nyarinya gampang.
    • kita butuh banyak klik + ngetik untuk menjalankan aplikasi yang tidak berada di launcher. kalo di gnome kan ada menunya tuh, nah kalo disini kita harus pelototin itu icon2 atau ngetik nama aplikasinya. hadooh
  • Bugs? ya tentu ada dong…:
    • Jika pada maximized mode, Launcher akan muncul kalo kursor digerakkan ke pojok kiri atas. Padahal dari “system settings” saya udah ngeset launcher bakal nongol kalo kursor digerakkan ke pinggir kiri.

Akhir kata, saya langsung mengganti desktop saya dengan Unity 2D. hehehe ๐Ÿ˜€

Beberapa screenshot dapat dilihat dibawah:

URL pendek:ย http://bit.ly/m9nrJD

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *