Tuesday, September 29
Shadow

Mengenal lebih dekat islam sunni & syiah (research kecil-kecilan)

Setelah membaca artikel ini, ada pengunjung yang tak dikenal berkomentar tentang syiah & sunni. komentarnya bisa dilihat disini. dari caranya menulis, kliatannya orang ini emang udah gemes banget dengan syiah, hehehehe 😆 . santai mas santai… Saya sebagai seorang akademisi yang pernah belajar research baik di indo maupun australia berinisiatif membuat research kecil2an tentang sunni dan syiah.

Tentang research background & tujuan. dimana tujuan research ini adalah untuk mengenal lebih dekat persamaan dan perbedaan islam sunni dan syiah. Sehingga kita lebih clear dalam memahami issue ini. Lebih lanjut lagi, dengan adanya research ini kita berharap ada penjelasan yang lebih baik kenapa ada konflik diantara 2 kelompok ini, dan tentu saja bagaimana jalan keluarnya.  Saya sebagai researcher, tentu saja harus netral, ngak bole emosional, ngak bole ikut2an, ngak bole manipulasi, menggunakan  scientific research method, mengambil data2 dari kedua belah pihak, untuk kemudian diolah.

Bagi saya pribadi, saya lebih senang disebut muslim aja (independent), karena tidak ingin dikotak2an kedalam sunni, syiah, NU, muhammadiyah, PKS, atau lainnya. Dengan menjadi independent, kita dapat lebih bebas belajar dari mana pun yang kita mau, lebih terhindar dari konflik, dan lebih enak untuk mengkritisi.

Tentang research method. Research ini menggunakan metode kuesioner yang diisi oleh respondent sebanyak2nya. Jadi akan ada sebuah kuesioner, dimana akan diisi oleh respondent dari sunni atau syiah.

Azas yang dipakai dalam research ini:

  • Originality. artinya data tersebut harus apa adanya, diambil langsung dari sumber aslinya, ndak bole dari perwakilannya. ini penting karena research di internet sangat rawan manipulasi, “no one knows if you are a dog” istilahnya. selain itu ini akan mencegah bias. contoh nih: kita pada protes toh dengan pernyataan orang yang mengatakan muslim teroris? itu bisa jadi karena dia tidak mendengar sendiri penjelasan islam dari orang islam sendiri, sehingga bisa jadi dia salah interpretasi. dalam pengadilan juga begitu toh? sang hakim harus mendengar langsung dari saksi yang ada. oleh karena itu, bagi yang mau ikutan jadi respondent, maka:
    • harus menyebutkan identitas asli (sebutkan profil facebook, friendster, linkedin, atau apalah) yang dapat menggambarkan diri anda. make sure you are not a dog… hehehe :-p
    • Tidak boleh anonymous (karena rawan manipulasi). bisa jadi orang sunni ngaku syiah trus ngisi kuesioner, atau sebaliknya.
    • Harus menyebutkan di pihak mana respondent tersebut berada (sunni atau syiah). ndak boleh dari yang  independent. jadi orang sunni harus ngisi sebagai sunni, orang syiah harus ngisi sebagai syiah. selain itu, harus menyebutkan berapa lama respondent menjadi sunni atau syiah. jika ini tidak dilakukan berarti akan timbul saling fitnah dan ujung2nya konflik.
    • Seorang respondent hanya boleh mengisi sekali kuesionernya.
    • Sangat disarankan bagi respondent untuk memberikan referensi (supporting source) ketika mengisi pertanyaan kuesioner.
  • Transparent. artinya pertanyaan kuesioner dapat diakses publik, dan jawaban para respondent juga akan dipublish juga.
  • Terbuka. artinya research ini terbuka terhadap masukan. silahkan kirim masukan tetnang research method, atau pertanyaan questionnaire. silahkan jika ada yang mau ditambah. saya dengan senang hati akan menanggapi.
  • Replicable. artinya research ini harus bisa di lakukan juga oleh orang lain

Tentang pertanyaan kuesioner, silahkan tabel dibawah. hasil pengolahannya adan ditulis pada kolom disampingnya.

No questios sunni syiah
1  are you sunni or syiah
2 how many god(s) do you believe?
what is the of your god(s)
3 do you believe in qur’an?
which qur’an do you believe?
4 is muhammad you last prophet?
5 are fasting during ramadhan month?
6 do you make shalat 5 times a day?
7 do you also make a shahadat?
8 are you going for hajj?
9 do you believe in angels?

 

 

 

 

 

 

 

 

Tentang respondent yang telah mengisi kuesioner, akan dipublish nama, link url, dan hasil jawaban kuesionernya

Dari kelompok sunni:

  1. name 1 (hasil kuesioner)
  2. name 2 (hasil kuesioner)

dari kelompok syiah:

  1. name 1 (hasil kuesioner)
  2. name 2 (hasil kuesioner)

sekian dulu tulisannya, untuk nanti akan diupdate lagi. mohon masukannya untuk pertanyaan kuesioner. jika sudah cukup maka tahap selanjutnya adalah mencari respondent.

Bagi rekan2 yang membaca, saya tunggu saran konstruktifnya untuk research ini. untuk rekan2 “student by research” diharapkan masukannya untuk memperbaiki research ini. Sungguh tidak pantas rasanya kalo kita cuman mencibir tanpa memberi masukan yang berarti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.