Tuesday, December 7
Shadow

Yang murah di Australia…

Suatu hari ketika lagi nyari ide untuk ngerjain tugas kuliah di UNSW. Seorang temen tiba2 nongol di chat program & tanya-tanya tentang aussie. Rupanya dia juga punya rencana ke sini suatu hari. ya begitulah, Australia seperti juga amerika, banyak dianggap orang sebagai land of dream. Adalah impian orang untuk tinggal dan hidup disini. Suatu pertanyaan yang menarik dari teman saya ini adalah “Ada barang2 murah dari aussie ngak?” temen saya ini punya otak bisnis juga. yah, kalo ada barang murah dari aussie, nanti kan bisa kita jual lagi di indo. hehehe.. waktu itu saya masih baru di australia, baru beberapa bulan tinggal disana. jadi belum tahu banyak tentang aussie. maka saya jawab, “wah kliatannya semua disini mahal2 deh, sewa mahal, beras mahal, baju mahal, barang2 cina juga mahal, mendingan di indo deh. malah mungkin akan lebih baik kalo sebaliknya, kita beli banyak di indo trus jual di sydney. hehehe”

Tapi itu dulu. ketika artikel ini ditulis, study saya sudah selesai, dan ini berarti saya sudah melewati 2 tahun di sydney dan 2 bulan di indonesia. Dan setelah dipikir2, ternyata memang ada loh barang2 yang emang murah kalo dibeli di australia dibandingkan indonesia.

Sebelum diteruskan saya pengen ngasi tau bahwa menurut saya, konsep mahal/murah itu adalah relatif. Tergantung bandingannya, jadi perbandingan yang akan dibaca dibawah tidak melulu akan langsung dibandingkan head-to-head dengan harga di indonesia, melainkan juga relatif terhadap biaya lain di australia sendiri. Sehingga para pembaca akan tahu barang2 mana saja yang dianggap standard/murah dari sudut pandang orang australia.

Berikut ini beberapa catatan saya tentang barang2 tersebut:

  • Daging (sapi, ayam, domba). (untuk pork, saya ngak gitu ngerti yah, ngak pernah beli soalnya, hehehe). Untuk daging, kriteria murahnya rada beda, karena kurang tepat rasanya jika kita langsung membandingkannya dengan harga daging di indonesia. Kalo dirupiahkan, harganya bisa jadi sama/lebih tinggi dengan harga di indo. Lalu pembandingnya gimana dong? nah dalam kasus ini, pembandingnya adalah biaya sekali makan di sydney (saya kan tinggal di sydney). jadi kita akan menggunakan rasio. Sekali makan di aussie adalah sekitar 7-10 AUD, dan harga daging sapi adalah sekitar 7-15 AUD per kilogram. sehingga rasionya sekitar 0.7-2.14. sedangkan di indo, biaya sekali makan adalah sekitar 8-15 ribu, harga daging sapi di indo adalah 50-60ribu perkilogram, dimana rasionya menjadi 3-7.5. disini jelas, harga daging di australia adalah murah. Oleh karena itu, tidak berlebihan juga kalo aussie disebut surganya daging karena memang murah. Pantas saja orang2 disini suka sekali BBQ, lah wong harga dagingnya murah.. hehehe
  • Minyak. Di australia banyak dijual berbagai macam minyak dan harganya murah. Minyak yang dimaksud adalah minyak untuk masak/obat. Jadi bukan bensin, pelumas, solar, atau lainnya. Harganya murah jika dibandingkan dengan harga sekali makan, maupun jika dibandingkan harga di indo. Minyak favorit saya adalah olive oil (minyak zaitun). Sering saya pakai untuk masak, salad, dicampur ke makanan, buat kue, dll. coba bandingkan harga harga minyak zaitun yang cuman seuprit, yang banyaknya juga ngak sampai seperti aqua gelas, namun harganya sampai ratusan ribu. Di aussie, kita bisa dapat 4liter olive oil dengan harga 20AUD. waw waw… paman saya, sampai bawa olive oil ini sebagai oleh2 ketika kembali ke indonesia.
  • Keju. hehehe… iye iye, ini bukannya sok gaya kebarat2an makan keju, tidak sama sekali. Makan keju kan ngak ada hubungannya dengan status sosial atau nasiolisme. Keju & susu bukan makanan eksklusif golongan tertentu, hanya masalah kebiasaan dan supply aja, kalo sudah memasyarakat & produsennya banyak, keju akan jadi populer seperti nasi goreng, hehehe. nah, mumpung di aussie, adalah kesempatan kita untuk mencoba berbagai macam makanan yang jarang ditemui di indonesia. cobain tuh, salmon cheese, fetta cheese, parmesan, mozzarella, cream cheese, cheddar, keju yang warnanya biru & seperti bulukan, dll. secara harganya juga relatif terjangkau. Contoh perbandingan harga, keju 24-slices cheddar dapat dibeli dengan harga 5 AUD.
  • Susu. Di aussie orang2 lebih suka mengkonsumsi susu cair. mungkin karena lebih segar dan rasanya lebih enak. belum pernah saya menemukan susu bubuk seperti dancow gitu disini. Susu bubuk yang saya temukan biasanya adalah susu formula dan ditujukan untuk bayi (misal S-26). satu liter susu cair dapat dibeli dengan harga 1.1 AUD. iya satu dollar… kalo lagi diskon bisa menjadi 1 AUD perliter.
  • Jamur. Hmm… ini makanan yang saya suka banget. hampir setiap supermarket menjual produk ini. Jenisnya pun macem2. Ada jamur champignon yang bentuknya seperti payung, berwarna putih, enak buat dimasak, di goreng, bakar, dimasukkan ke pizza, dst. saya paling inget ini karena sering beli. hehehe. ada jamur  shitake (yang baunya menyengat, dan biking pening), pernah bantuin tetangga masak jamur ini soalnya. masih ada juga jenis jamur lainnya, tapi saya ngak ngerti masaknya. hehehe. tentang harga, 500gr jamur champignon biasanya 4-5 AUD.
  • Obat-obatan & supplemen. Beberapa obat2an harganya lebih murah dari indonesia. Perbedaan harganya bisa jauh loh… fish oil (minyak ikan) misalnya. Terus terang saya pernah salah kaprah tentang minyak ikan ini. Di pikiran saya, minyak ikan itu adalah untuk anak kecil sebagai penambah nafsu makan (anak kecil kan kadang sering males makan tuh, jadilah diberi fish oil ini). Nah masalahnya, saya tidak punya masalah dengan makanan, apa aja bisa masuk perut. Mulai dari makanan india, afrika, thailand, eropa, semuanya pernah masuk. hehehe. ternyata saya salah, fish oil ini ternyata bukan untuk nafsu makan, tapi juga mengandung unsur yang berguna untuk perkembangan otak, jadi cocok untuk student dewasa yang sedang menuntut ilmu… ohya, harganya gimana? saya pernah beli fish oil 1000 butir yang harganya 26AUD!!. Obat-obatan lain yang murah adalah obat2 yang terkait dengan penyakit2 tertentu, misal asma, sendi, rematik, dll. yah, kata orang-orang sih obat-obatan untuk orang tua… hehehe
  • Blackmores. Blackmores adalah nama brand obat2an yang terkenal di aussie. beberapa produknya juga diekspor ke indo. Obat kuat, supplemen hamil, vitamin, fish oil, adalah beberapa contohnya. tentu kalo masih pengen tau apa aja produknya, bisa langsung lihat katalog. nah mumpung lagi di aussie, blackmores ini jadi salah satu checklist untuk oleh2. ohya sekedar tips, kalo mau beli obat2an, mending survei harga dulu deh. Karena beberapa tempat beda harganya lumayan jauh. saya pernah coba membandingkan, beda harganya bisa sampai 15AUD loh…
  • Makanan bayi. Makanan bayi yang dimaksud disini adalah makanan bayi instant, yang dimasukkan kedalam kemasannya gelas kaca, dan dapat langsung dimakan dari wadahnya. Harga perbuahnya sekitar 2 AUD. kalo beli banyak atau kalo lagi diskon, harganya bisa lebih turun lagi. nah buat yang punya bayi (biasanya dibawah 1.5 tahun), biasanya pada bawa bekal makanan ini kalo lagi balik ke indo. Ya jelas aja mahal beli di indo, karena diimpor dari australia. hehehe
  • Biaya beberapa praktik dokter. Beberapa biaya praktek kedokteran adalah murah disini. misalnya chiropractic, ini praktek kedokteran kalo kita ada masalah dengan tulang. misal keseleo, tulang punggung yang bengkok, terkilir dll. mereka punya dokter certified untuk itu. harga sekali datang memang mahal sih, bisa sampai puluhan dollar, tapi tetap aja lebih murah dari indo. karena di indo mesih jarang banget. karena itulah harganya masih melangit. well kalo di indo mah tinggal panggil tukang urut ajah kaleee… hehehe

Sekian dulu listnya, jika ada masukan sangat dipersilahkan.

URL pendek: http://t.co/oytvF9Ne

2 Comments

  • Adhi

    Mobil murah mas, terutama merk yang terkenal Mahal dan jarang di Indonesia seperti Subara, Alfa Romeo, Porsche,dll. Pernah saya liat Alfa Romeo tahun 2000 cuma $2000.
    Barang second, flea market, opp shop or Sunday market kalo di geelong. Bagi yang suka barang bagus tapi ga punya duit, silahkan aja hunting untuk barang secondnya. Mo apa aja ada.
    Pendidikan, playgroup, di Geelong playgroup cuma bayar gold coin ($1-$2) untuk donasi dan bawa buah untuk sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.