Saturday, November 18

melamar pekerjaan yang membutuhkan pengalaman kerja

Ada yang tanya ke saya,

Mas saya xxxx – mhs. jurusan teknik informatika.
saya mau tanya bagaimana mas dulu merintis karir di dunia networking? mulai dari mana?
karena saya lihat2 di beberapa situs lowongan kerja, rata rata untuk dunia com. networking dibituhkan yg sudah berpengalaman, plg tidak 2 – 3 thn,
terima kasih sebelumnya…

saya cerita pengalaman saya aja ya. background pendidikan dan CV saya bisa dilihat disini.

ketika akhir kuliah, saya udah punya sertifikasi CCNA, dan sudah mahir dalam mengoperasikan linux dan cisco router. misal: membuat server file, web, firewall, database, authentication, dll. skill ini ternyata sangat berguna ketika masuk dunia telekomunikasi dimana pada waktu itu mesin telconya adalah berbasis unix dan menggunakan peralatan cisco. skill ini juga sangat berguna dalam troubleshooting.

tentang lowongan kerja yang membutuhkan pengalaman kerja 2-3 tahun, saya rasa ini karena semakin banyak yang melakukan efisiensi, terutama dibagian training (namun harus diingat, tidak semua perusahaan seperti ini). ini mungkin dilakukan karena mereka menginginkan orang yang siap kerja, udah ngerti dengan kondisi pekerjaannya. namun tergantung lowongannya juga, ada juga yang membolehkan freshgraduate kok. sekali lagi tergantung project, tergantung situasi.

Ketika masuk dulu, saya diberi training oleh perusahaan terkait dengan peralatan yang akan dimanage, namun untuk orang baru yang masuk setelah saya, mereka tidak mendapat training tersebut. dari yang saya perhatikan, ya mereka disuruh belajar sendiri, nanya sana-sini. kasian juga sih ngeliatnya. akhirnya pada inisiatif untuk cari training sendiri, sertifikasi sendiri. hehehe

bisa juga lihat artikel yang berkaitan dengan pekerjaan IT disini, disini, disini, disini, disini, disini, disini, atau sumber lainnya.

boleh jadi selama kuliah, kita punya pengalaman hands-on yang terkait dengan networking, dengan server linux, dll. pengalaman ini bisa menjadi bekal kita di kemudian hari untuk melamar kerja.

semoga berguna bagi pembaca.

URL pendek: http://t.co/ZnEPPwGG

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *