Tuesday, September 29
Shadow

Kenapa masih pakai attachment jika sudah ada cloud?

Salah satu hal yang menyenangkan dengan adanya cloud adalah storage. bagi yang belum mengerti cloud, cloud itu adalah nama lain dari internet, dimana paradigmanya adalah cloud/internet itu dapat dianggap seperti sebuah komputer. Salah satu komponen penting di komputer kita adalah storage (harddisk, flashdisk, etc). nah dengan adanya cloud, kita dapat menyimpan data kita (mp3, ms word, excel, whateverlah…) di sana.

aplikasi realnya?

oh ada banyak: google drive, microsoft skydrive, amazon storage, rapidshare, dropbox, hosting sendiri, dll. karena saya punya website sendiri (ya website ini..), saya pun tinggal upload saja file saya dengan menggunakan wordpress misalnya, kemudian tadaaaa… saya dapat link untuk mendownload file tersebut.

Trus?

Saya pribadi pernah bekerja sebagai administrator email di beebrapa organisasi. dan yang bikin pening adalah ada beberapa user yang INBOXnya penuh sesak (misal email orang-orang HRD, marketing) dan request quotanya emailnya dinaikkan… hehehe. setelah di cek, ternyata banyak banget email dengan attachment. quota 1 giga abis dalam waktu beberapa minggu saja…

nah dengan demikian, kalo kita mengirim email, kan tinggal tulis aja linknya toh? ngak perlu attach dokumen ke email toh? kita bisa hemat storage dengan ini.

memang sih, beberapa kasus masih menggunakan attachment, but on mostly cases, cloud is ok.

nah kalo udah tau ilmunya, kita boleh bilang,

“hari gini masih pakai attachment? kenapa ngak pakai cloud ajaah?” 🙂

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.