Saturday, October 20

usulan matakuliah teknik industri yang berkaitan dengan telekomunikasi / IT

seorang dosen meminta saya untuk membuat usulan matakuliah untuk jurusan teknik industri yang berkaitan dengan telekomunikasi / IT. ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang usulan kurikulum teknik industri. bagi yang belum membaca, mohon dibaca dulu agar tidak ada rantai yang hilang disini. Seperti biasa usulan ini adalah usulan matakuliah yang berorientasi dunia kerja yang dalam hal ini adalah industri infokom. sehingga diharapkan para lulusannya bukan hanya dapat gelar ST (sarjana TEORI) saja, tapi juga bisa praktek.

Telekomunikasi VS IT

ketika saya ditanya, “bisa minta tolong buatkan usulan matakuliah telekomunikasi?” saya pun menjawab, “bagaimana dengan IT?”. penanya pun terlihat rada bingung dan balik bertanya, “telekomunikasi saja, yang IT udah ada deh”. hmmm mari kita bahas tentang ini.

menurut saya pribadi, telekomunikasi dan IT saat ini sudah bukan 2 hal yang mutually exclusive. mereka sudah beririsan dan menuju sebuah konvergensi. artinya telekomunikasi dan IT akan melebur jadi satu kesatuan.

beberapa tahun jauh sebelum saya kerja di vendor, orang IT & telekomunikasi memang terpisah. perangkatnya pun beda. bagian telco mengurusi MSC, HLR, OSS, Radio, dll dimana teknologi tersebut punya protokol sendiri, dan bagian IT biasanya mengurusi jaringan komputer yang berbasis IP.

ketika saya kerja di vendor (tahun 2005) irisan ini sudah mulai terasa karena semakin banyak teknologi IT yang digunakan di telekomunikasi. misal kalo dulu core network engineer cuman belajar signalling, GSM operation, dan equipment core network, sekarang mereka harus belajar UNIX, remote login, dll karena makin banyak peralatan core network yang OSnya berbasis UNIX. signalling yang dulu murni menggunakan jalur dan protokol sendiri, sekarang ditumpangkan ke teknlogi ethernet & IP (ini dikenal dengan SIGTRAN). bahkan pada jaringan LTE, jaringan telekomunikasi akan berbasis “ALL-IP” mulai dari node B sampai ke core network. security jaringan pun juga jadi concern disini karena jaringan yang dipakai adalah berbasis IP sehingga muncul teknologi VLAN, MPLS, dan firewall disini. peralatan2 networking berbasis IP juga laku keras karena pada migrasi ke IP network. router/switch dari vendor juniper, cisco, huawei, dll adalah pemandangan umum jika kita masuk ke data center operator.

kesimpulan saya, telekomunikasi dan IT adalah sebuah konvergensi yang ujungnya adalah integrasi.

Latar belakang usulan

latar belakang usulan ini adalah pengalaman pribadi saya dari perspektif seorang engineer yang pernah bekerja sebagai expatriate di perusahaan vendor telekomunikasi. perspektif lainnya adalah sebagai seorang project manager yang mengalami tantangan ketika merekrut orang yang sesuai spec. ada ribuan sarjana yang lulus setiap semester, tapi hanya sedikit yang sesuai kebutuhan industri. terus terang dari sisi perusahaan, kita tidak ingin mentraining kemampuan teknis pelamar karena seharusnya mereka sudah familiar. sang pelamar harus cepat menyesuaikan ritme kerja perusahaan yang dinamis dan berkembang menjadi lebih besar.

seperti yang sudah dijelaskan di visi & misinya, sarjana teknik industri harus dapat memberikan improvement pada tempat ia bekerja. jadi, ini adalah win-win solution. company dapat improvement, dan sang sarjana mendapat credit. jadi intinya, dengan berkuliah di jurusan teknik industri IT Telkom, sang sarjana dapat menjadi solution maker untuk tempat dia bekerja.

usulan mata kuliah

nah, berdasarkan latar belakang diatas, berikut ini usulan matakuliah yang menurut saya sesuai dengan kebutuhan industri selama 5 tahun ke depan.

telecommunication network

overview: course ini akan mempelajari jaringan telekomunikasi seperti yang kita lihat sehari-hari. jika course ini didesign dengan baik, maka kita bisa belajar studi kasus jaringan GSM seperti yang ada di operator.
why? karena ini adalah skill dasar seorang engineer teknik industri saat ini. jaman saya sekolah dulu yang ngerti networking bisa dihitung dengan jari. tapi sekarang, ini adalah sebuah skill standard yang harus dikuasai. jika ngak mau belajar ini ya berarti let someone else do that job.
yang akan diajarkan? OSI layer 1-7 secara mendalam + lab.
loh cuman OSI layer doang? ngak terlalu sedikit tuh? tidak. kalo anda mau tahu, ada banyak hal yang berada di 7 layer OSI. anda harus tahu bahwa belajar OSI layer juga berarti mengubah cara berpikir orang, dan ini tidak mudah. mahasiswa biasanya akan bingung seperti apakah layer itu? apakah seperti kue lapis? bagaimana mengirimkan datanya? kenapa dikatakan modular? kenapa ada 2 schema addressing (layer 2 & 3)? kenapa ada MAC tabel & routing tabel? kenapa ada flat addressing dan hierarchical addressing? kenapa kabelnya harus di twisted? apa bedanya bandwidth & throughput? jika beli product broadband internet, apa yang kita beli? bandwidth atau troughput?
bagaimana dengan course jaringan komputer? computer network adalah bagian dari telecommunication network. sehingga tidak perlu diajarkan lagi.
apakah ada lab? ada. lab bertujuan memberikan hands-on skill kepada mahasiswa

Network operation dan maintenance

overview: jika fundamental neworking sudah baik, dan network sudah selesai di instalasi, tahap selanjutnya adalah operasional dan maintenance. jadi course ini akan belajar hal2 yang berkaitan dengan cara manage & maintain network yang ada. in short, students akan belajar ISO framework tentang network management yaitu FCAPS (Fault, configuration, accounting, performance, security). kita juga belajar seperti apa SLA (service level agreement) itu?
why? karena skill ini adalah penting ketika sarjana TI memasuki area operasional. jarang ada sarjana yang melamar perusahaan startup toh? hehehe mereka biasanya apply ke company yang udah running. nah course ini bisa terpakai disana. course ini bisa dikembangkan bukan hanya untuk manage network, tetapi juga untuk manage system & aplikasi. riset dan peluang untuk mengembangkan produk di ranah ini juga terbuka luas karena biasanya operator butuh solusi custom karena beli dari beberapa vendor.
apakah ada lab? ada. lab bertujuan memberikan hands-on skill kepada mahasiswa. misal: seperti apa FCAPS itu di dunia nyata? protokol apa yang dipakai? command untuk mengecek apa saja? bagaimana setting SNMP?

wireless & mobile communication

overview: dalam course ini, peserta akan belajar tentang dasar2 teknologi wireless seperti signal dan problemnya, mempelajari teknologi wireless dan mobile seperti wifi dan GSM beserta komponen-komponennya, serta operationnya.
why? wireless communication adalah teknologi yang sedang berkembang saat ini dan banyak digunakan diorganisasi karena praktis, mudah dalam implementasi, dan mudah dalam maintenance.
ada lab? ada. lab akan membahas handson tentang wireless installation dan configuration.

IT security

overview: setelah mempunyai fundamental networking yang baik, maka selanjutnya adalah mempelajari IT security. baik security dari sisi network maupun aplikasi. mahasiswa akan belajar, seperti apa cara kerja teknologi security yang ada, seperti apa aplikasinya, dan seperti apa contoh aplikasi yang dapat diterobos? apa itu VPN (virtual private network)? security adalah materi yang tidak akan habis dan selalu ada yang baru, namun dasar-dasar security seperti authentication, authorization, confidentiality, integrity, availability, dan non-repudiation adalah tetap. yang terus dikembangkan adalah teknologi dari prinsip-prinsip security diatas.
why? berdasarkan pengalaman pribadi, masalah security sering disepelekan orang organisasi karena jarang sekali orang yang capable untuk ini, selain itu pihak management juga masih menganggap security sebagai beban. nah dengan adanya sarjana yang mengerti tentang security dan dapat memberian penjelasan ke management, maka ia akan dapat memberikan solusi yang lebih baik.
apakah ada lab? ada. lab bertujuan memberikan hands-on skill kepada mahasiswa. misal: seperti authtication tsb? seperti ada contoh enkripsi? mahasiswa akan membuat program untuk enkripsi? seperti apa public key dan private key itu? bagaimana cara pakainya? bagaimana membuat vpn sederhana?

information system design

overview: pada course ini mahasiswa akan belajar men-design sebuah system informasi dengan tools yang ada, misal: DFD, ERD, flowchart, use-case, dll beserta metodologinya: waterfall, spiral, scrum dll output dari mata kuliah ini adalah rancangan sebuah system informasi + mockup nya
why? design system informasi adalah skill penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan. jaman dahulu, improvement mungkin cukup dengan studi time & motion study, tapi saat ini peningkatan kinerja organisasi adalah dengan melalui sebuah system informasi, dan perbaikan proses bisnis. dari design ini, kemudian akan diberikan ke programmer untuk dijadikan software/aplikasi.
ada lab? ada. lab akan berisi dalam menggunakan tools perancangan sistem

web-based Information system

overview: course ini akan mempelajari bagaimana membangun sistem informasi berbasis web. jadi course ini adalah lanjutan dari course information system design. course lebih ke teknikal, bagaimana cara membuat sebuah aplikasi web. yang dipelajari: cara kerja HTTP, cara kerja DNS, cara kerja hosting & domain, cara kerja teknologi preprocessor (e.g. PHP), cara kerja database (e.g. postgresql), cara kerja ajax, penggunaan framework, dan pada akhirnya mahasiswa akan membuat aplikasi sisfo yang berbasis web.
why? web-based dipilih karena memiliki banyak kelebihan: tidak perlu install software, mudah diakses dari mana saja, banyak di support oleh vendor, familiar oleh semua orang. disatu sisi, teknologi web jika tidak didesign dengan baik malah akan menjadikannya lambat.
ada lab? ada. lab akan berisi hands-on skill tentang merancang sebuah sistem informasi terutama menggunakan SQL syntax. misal: JOIN, left join, right join, union, fungsi aggregate, transaction, sequence, dll. melatih skill HTML, melatih skill PHP, ajax, dan konsultasi tentang aplikasi yang akan dibuat. lab information system ini juga berkesempatan untuk membuat aplikasi yang berguna bagi masyarakat, misal: aplikasi manajemen keuangan sederhana bagi UKM (usaha kecil menengah)

Design of IT Architecture

overview: jika fundamental networking sudah paham benar, operation juga sudah dipelajari, IT security juga sudah aware, maka tahap selanjutnya adalah integrasi dari system2 tersebut. disini mahasiswa diposisikan sebagai peserta tender yang merancang sebuah system IT yang terdiri dari network dan aplikasi untuk kemudian proposal ini kirimkan ke penyelenggara. yang dipelajari: design pembangunan network, seperti apa penempatan network equipment (router, switches, radio) yang baik, pengkabelan, plus minus dari teknologi yang ada, membuat design yang koheren dengan visi dan misi organisasi. output course ini adalah dokumentasi IT yang sesuai dengan organisasi.
lab? tidak perlu

sekian kira2 usulannya, mohon tanggapan dari teman2 praktisi atau pelaku industri.

URL pendek: http://wp.me/pRkxT-UU

2 Comments

  • Oki Prasetyo

    Mantap…jikalau jaman dulu kuliah seperti ini, wow..benar2 berkualitas lulusannya.
    dan sepertinya IPK tinggi bukan segalanya, asal ada kemauan untuk belajar dan berkarya..insya Allah akan ada jalan.
    Karena awal mula kita berpetualang adalah ketika baru lulus kuliah, dan jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yg ada, terus digali di tempat kita bekerja maupun mencari sertifikasi untuk mempertajam dan mengasah kemampuan kita.

    Yup, sekarang memang Telekomunikasi & IT menjadi satu. Sepanjang saya menjadi praktisi sebagai Datacom Network Engineer disalah satu vendor Telekomunikasi, saya sangat merasakan hal ini.
    All telco product, semuanya mulai base on IP (semua operator sudah mulai menggunakannya).

    Dan ketika saya berada di team Manage Service yang terasa adalah ketika planning dan integrasi perangkat tersebut semuanya harus berkonsultasi dengan team kami tentang IP Addressing, Routing, dll.

    Sebenarnya sangat beruntung sekali jikalau saja lulusan Elektro Telekomunikasi ato apapun itu bisa menguasai sedikitnya :
    1. IP –> lebih bagus jikalu mw ikut sertifikasi international seperti cisco, juniper dll, pilih salah satu aja.
    2. Unix/Linux sytem operation
    3. GSM Architecture (Ya yg sederhana aja, mulai dari BTS or Node B sampai ke core network untuk service Data Maupun Voice) –> saya rasa ini diajarkan di mata kuliah System Komunikasi Bergerak/Jartel dll.
    –> (note: kayanya saya cuma ingat yg ini aja neh di kuliah yg nyambung dengan pekerjaan, hehe..curcol)

    Pasti banyak perusahaan telco yg akan merekrut.
    karena ya pekerjaannya itu2 aja.. 🙂
    dan jikalau sudah mendalami pekerjaan di perusahaan, maka nanti akan bisa menggambar sendiri, seperti apa MAP tentang “Design of Telco and IT Architecture”
    tentu saja dengan perspektif yang berbeda2..
    jikalau anda Datacom Network Engineer yang akan anda lihat adalah MAP Data Center (VAS, Billing, PS Core, CS Core and IP Core/IP Backbone MPLS secara garis besar base on IP).
    Jikalau anda VAS Engineer yang akan anda lihat adalah MAP VAS Design.
    Jikalau anda Core Engineer yang akan anda lihat adalah MAP Core Network.
    dan lain2…karena pekerjaan di telco banyak titlenya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.