Saturday, November 18

Tentang FreeBSD, server, VPS, colocation, hosting

Kebetulan ada student yang bertanya ke saya tentang FreeBSD, server, VPS, Colocation, dan Hosting. pertanyaannya cukup banyak, sehingga sekalian saya buat artikel saja untuk ini. saya rasa ada banyak orang diluar sana yang juga punya pertanyaan sama.

Dear Mas Achmad,
1. TIPE DAN UKURAN SERVER
Saya tertarik dengan server AMD dengan pertimbangan jumlah core-nya lebih banyak daripada Intel. Saya sedang mempertimbangan apakah sebaiknya membeli server ukuran 1 Unit atau ukuran 2 Unit?

tergantung kebutuhan. jika punya dana untuk membeli yang 2U, maka mending beli yang 2U saja karena dimasa depan, jika ada kebutuhan upgrade maka dapat dilakukan dengan baik.

Apakah server yang kompatibel dengan OS: RHEL, SLES, dan Oracle Solaris tersebut akan sepenuhnya kompatibel dengan FeeBSD?

biasanya sih, kalo kompatible dengan solaris, juga kompatible dengan FreeBSD. tapi ini belum tentu juga. cara terbaik adalah dengan melihat hardware compatibility list dari FreeBSD.

2. HARDDISK
Untuk harddisk saya akan menggunakan SATA 3.5 INCH 7200RPM (specs lihat file Hitachi terlampir). Saya ingin tahu pendapat pengalaman Mas Achmad, apakah Hitachi cukup handal (jarang ada masalah) dibandingkan dengan Seagate (specs lihat file Seagate terlampir). Kalau kehandalannya bagus, saya lebihtertarik dengan Hitachi karena harganya lebih murah dengan kapasitas lebih besar.

saya belum pernah menggunakan hitachi di server saya. tapi ada rekan saya yang menggunakannya dan baik2 saja. so saya rasa itu bagus. yang penting pastikan bahwa harddisk tersebut masih dijual dimasa depan (tanya penjualnya)

Saya rencananya akan menggunakan RAID 10 (1+0) yang akan membutuhkan minimal 4 harddisk (lihat file RAID LEVELS terlampir halaman 5). Apakah cukup menggunakan 4 harddisk saja atau lebih baik menggunakan 5 harddisk di mana 1 harddisk khusus digunakan untuk OS dan semua applikasi-aplikasi, sedangan harddisk yang empat khusus untuk data (mirroring & striping).

untuk membuat RAID 10, dapat digunakan 4 harddisk.

3. COLOCATION
Saya menerima penawaran jasa colocation di Jakarta. Dari penawaran tersebut saya ingin tanya pendapat Mas Achmad berdasarkan praktek dalam industri webhosting/colocation, sbb:
1. Apakah yang dimaksud dengan “International BW 5Mbps Share”? Apakah
pengertian BW 5Mbps tersebut berarti Kapasitas Bandwidth sebesar 5 Mbps dan data transfer juga maksimum sebesar 5 Mb per month?

tidak seperti yang umum di luar negeri, yang membuat nilai plus colocation di indonesia adalah mereka memisahkan koneksi dari/ke domestik indonesia dan koneksi dari/ke luar indonesia (international). dari penjelasan diatas, anda dapat jatah koneksi dari/ke internasional maksimum 5mbps. dimana koneksi 5mbps ini di share (dipakai bersama) dengan pengguna lainnya.

2. Apakah yang dimaksud dengan “Local BW Unlimited”? Berapa besar kapasitas Badnwidth dan apakah data transfer tidak terbatas?

maksudnya koneksi dari/ke domestik indonesia tidak dibatasi seperti internasional diatas.

3. Apakah yang dimaksud dengan “Public IP Address? Apakah hal tersebut sama pengertiannya dengan “Dedicated IP Address”?

artinya dapat ip address public, bukan private. sekedar saran aja, jika nanti sudah masuk training freebsd network, maka anda dianggap sudah mengerti konsep networking. kalo bisa sih punya sertifikasi CCNA.

dedicated IP address artinya IP address tersebut sifatnya statik, tidak berubah2. pengetahuan ini ada di pelajaran networking.

Mas Ahcmad tau nggak, di mana atau perusahaan apa di Jakarta yang menawarkan jasa Server Colocation dengan Bandwidth & Data Transfer yang kapasitasnya besar, baik untuk akses luar negeri (internasional) maupun untuk akses dalam negeri.

sepertinya penawaranya mirip-mirip ya. ada uang, ada paket.

4. FreeBSD VPS
Di luar negeri banyak yang menawarkan jasa FreeBSD VPS, yang ingin saya tanyakan, dengan FreeBSD VPS di luar negeri tersebut apakah data saya akan aman baik dari gangguan atau pencurian data oleh pihak lain
maupun oleh pihak pengelola server?

VPS artinya menggunakan server orang untuk kita gunakan mulai dari level operating system. jadi jika beli VPS, artinya kita akan diberikan sebuah operating system untuk kita manage sendiri. berbeda dengan hosting dimana kita hanya diberikan akun ftp/shell untuk upload/manage file-file website kita. dari aspek legal, harusnya akan ada perjanjian privasi bahwa orang lain dilarang mengakses data kita. tentu dari kita sendiri juga perlu mengamankan aplikasi agar tidak mudah diterobos.

Maaf pertanyaannya banyak, tapi ini semua berkaitan dengan alasan mengapa saya ingin mengambil training UNIX, FreeBSD dan PostgreSQL.
Demikian disampaikan dan terimakasih banyak atas saran-sarannya.

sama-sama.

URL pendek: http://wp.me/pRkxT-Vz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *