Sunday, December 8

Tips melamar pekerjaan: perhatikan subject email

Saat ini email adalah jalur komunikasi yang banyak digunakan ketika melamar kerja karena murah, mudah, cepat. salah satu parameter yang perlu diisi ketika mengirimkan lamaran kerja adalah subject email. Kedengarannya sepele, namuan kenyataannya banyak pelamar yang gagal karena ini. berikut ini tipsnya:

  1. Ikuti format subject yang telah didefinisikan oleh recruiter. beberapa posisi rekrutasi mensyaratkan format tertentu misal “[kode posisi], nama”. hal ini biasanya terkait dengan software filter pada penerima email. kenapa menggunakan filter? karena email yang masuk ada ribuan, ditambah lagi email hrd itu adalah sasaran empuk spammer karena tersebar dimana-mana. Jadi software filter akan otomatis memilah-milah email yang masuk ke folder tertentu berdasarkan format subjectnya. Sisanya otomatis akan masuk ke trash. nah jika anda bertanya-tanya kenapa aplikasi anda belum dibalas, bisa jadi anda tidak mengikuti format yang disyaratkan.
  2. Jika tidak ada syarat dalam format subject, maka buatlah subject yang jelas sehingga mudah dikenali. jangan cuma tulis subject “lowongan” karena ada ribuan email masuk dengan subject seperti itu. HRD pun akan bingung & lama untuk mencernanya (ingat ya ada ribuan email yang masuk): mau melamar posisi apa? namanya siapa?. Ayolah intelek dikit, help them to help you… buatlah subject yang jelas, tulis nama anda disana. misal: “Lamaran Network Consultant, Achmad Mardiansyah”
  3. Jangan sampai tidak menulis subject. seperti gambar dibawah.
    no subject?
    ngak ada subject? trus ente mau ngelamar jadi ape brur? masak ane yang nebak2?

    nah, ini lebih parah lagi. benar-benar menyusahkan HRD saja: posisi yang dilamar ngak jelas, nama ngak jelas. trus kita main tebak-tebakan gitu brur?

nah setelah membaca tulisan diatas, mudah kan cara membuat subject yang baik?

Sekian dulu mudah2an berguna bagi pembaca.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.