Sunday, September 23

Apa itu transit visa? & jenis-jenis visa?

kebetulan ada yang nanya:

Salam kenal mas,
Visa transit itu apa ya mas? Berapa jam atau berapa lama batas akhir visanya?
Mohon bantuan ya mas….makasih sblmnya

bagi saya pribadi (CMIIW), saya belum pernah dengan adanya kesepakatan diantara negara-negara tentang jenis-jenis visa apa saja yang mereka boleh keluarkan. artinya setiap negara boleh mengeluarkan jenis-jenis visa suka-suka dia. tapi tentu ada jenis visa yang lazim dijumpai dibanyak negara.

kalau transit visa itu gimana? ya sesuai namanya (transit), visa ini berguna bagi orang yang melintasi negara tersebut. jadi final destinationnya adalah bukan negara itu. si pemegang visa transit cuman numpang lewat negara tersebut aja. jadi visa ini bukan untuk menginap (stay) di negara itu. cuman numpang lewat doang.

contoh kasus transit visa? ya misalnya and sedang memecahkan rekor keliling dunia dengan sepeda dengan melintasi negara-negara tertentu

Berapa jam atau berapa lama batas akhir visanya? seperti yang di tulis di paragraf atas. tergantung negaranya. ada yang cuma beberapa jam, ada yang sampai beberapa hari. biayanya juga beda2. contohnya seperti embassy ini.

jika saya (citizen of indonesia) berangkat dari jakarta dengan tujuan croatia (zagreb) dengan pesawat udara, kemudian saya transit di paris selama 10 jam, apakah perlu request transit visa dari embassy perancis? tidak perlu. karena selama 10 jam itu anda akan berada di area international di airport (lounge, waiting room, dll), dan dilarang keluar airport jika tidak punya visa karena itu berarti anda masuk ke wilayah perancis. kecuali jika indonesia & perancis punya perjanjian tertentu tentang visa.

contoh lain adalah WNI berkunjung ke korea dengan memiliki visa jepang. jadi asalnya adalah indonesia, negara tujuan adalah jepang, dan transit di korea.

jadi ketika apply visa jepang djelaskan bahwa akan transit beberapa hari di korea. dan ketika sampai di korea, tinggal menunjukan visa jepang dan tiket pesawat bahwa akan pergi ke jepang setelah dari korea.

mudah-mudahan berguna bagi pembaca…

URL pendek: http://wp.me/pRkxT-XT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.