Friday, July 20

Apakah anak-anak perlu dibuatkan passport?

Ada yang tanya ke saya,

Mas Achmad boleh nanya dong.
Anak saya lahir di Aussie juga dan kami berencana kembali ke tanah air dalam waktu dekat, pertanyaan saya apakah untuk perlu dibuatkan passpor untuk anak saya tersebut? Terima kasih sebelumnya

berdasarkan pengalaman saya berurusan dengan imigrasi australia, anak-anak perlu mempunyai passport sendiri. penjelasannya ada disini, dimana berlaku juga untuk non-australian citizen.

Dari perspektif Australia, anak-anak didefinisikan sebagai orang yang berumur dibawah 18 tahun (termasuk bayi), dan belum pernah menikah. anak-anak adalah manusia yang berbeda dengan orang tuanya, begitu pula dengan passport dimana satu passport adalah berbeda dengan passport lainnya. Dengan demikian, anak-anak perlu mempunyai passport sendiri ketika berpergian keluar negeri sebagai bukti umur dan keterangan lainnya, tidak dijadikan satu dengan passport ibunya.

Karena statusnya masih anak-anak, maka mereka tidak dapat mendaftarkan sendiri aplikasi untuk pembuatan passport, oleh karena itu, orang yang bertanggung jawab terhadap anak tersebut (biasanya orang tua) yang akan mendaftarkan mereka.

Ternyata bukan hanya australia saja yang memperlakukan demikian, US, canada, dan negara-negara lain juga memperlakukan hal senada. so tunggu apa lagi, segera buat passport untuk anak anda sebelum berpergian.

Tambahan dari rekan Faisal Wiryasantika (saat ini bekerja di middle east):

Ikutan sharing juga untuk di Qatar pembuatan passport untuk anak/bayi sangatlah penting karena berkaitan sama allowance he.he..kalo si baby nggak buat passport nggak akan dapat resident permit (RP) dan kalolah ndak ada RP nggak akan bisa tercatat sebagai anggota keluarga di sistem HR tempat kita bekerja walhasil ya itu tadi ndak akan dapat allowance utk anak tersebut…makanya untuk urusan seperti ini biasanya ortunya gerak cepat dari mulai mengurus birth certificate hingga RP-nya issued oleh Ministry Interior (Depdagri)…terlepas dari semua itu punya RP satu keharusan sebagai ijin tinggal, jadi passport sebagai implikasinya dalam hal ini…

silahkan jika ada yang mau menambahkan, semoga berguna bagi pembaca.

URL pendek: http://wp.me/pRkxT-XW

8 Comments

  • Rida

    Terima kasih untuk penjelasannya mas. Namun untuk link yang mas berikan setelah saya baca ditujukan untuk PR dan WN Australia, sementara untuk kasus saya kedua orang tua anak adalah WNI dan bukan PR.

    Kalau menurut pengalaman pribadi mas Achmad sendiri untuk putranya yang lahir di Sydney bagaimana ya? Thanks

  • @rida: diatas saya juga menulis “dimana berlaku juga untuk non-australian citizen”.
    yang artinya selain warga australia (seperti anda) juga dikenakan kewajiban seperti warga australia.

    diatas saya juga sudah menulis, “berdasarkan pengalaman saya berurusan dengan imigrasi australia, anak-anak perlu mempunyai passport sendiri”.
    yang artinya saya membuatkan passport untuk anak saya yang pada waktu itu umurnya masih 3 bulan.

    mudah2an jelas ya 🙂

  • Kemala salwin

    Anak saya lahir di Australia sekarang umur 13 tahun dan srkarang tinggal di Indonesia.apajah anak saya bisa mengajukan warga Australia Serikat umur 18 tahun

  • Arina

    Salaam. Mas Ahmad sy baru buat passport untuk anak saya (umur 1 tahun lahir di Sydney) kalo untuk visa nya gimana yah apa harus diurus jg? dan dmana ngurusnya krn rencananya mau liburan ke indo
    oyah status kami (orang tuanya) adalah student visa.

    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.