Monday, September 25

Apa saja jenis-jenis pekerjaan di dunia IT (information technology) & Telekomunikasi?

from https://en.wikipedia.org. pekerjaan di dunia it

Pengunjung blog saya ternyata mempunyai latar belakang yang beragam tentang IT dan Telekomunikasi. beberapa dari mereka ada yang sangat awam sehingga mendorong saya untuk menulis pekerjaan di dunia it. Sebelum pertengahan tahun 2000-an, IT dan telekomunikasi adalah domain yang terpisah, dimana teknologi yang digunakan di kedua domain ini berbeda. misal teknologi PCM-30 tidak akan ditemui di perusahaan non-telekomunikasi.

Kini, karena semakin banyak teknologi IT diadopsi ke industri telekomunikasi, membuat batasan IT dan telekomunikasi semakin kabur. misal: PCM-30 semakin ditinggalkan dan beralih ke teknologi ethernet.

Terus terang, posisi/pekerjaan di IT & telco adalah sangat-sangat banyak sekali ragamnya, mulai dari entry level, sampai advanced., karena telco & IT adalah industry yang besar dan luas. yang saya tulis disini hanyalah sebagian saja, jika ada rekan2 yang ingin berkontribusi, adalah sangat dipersilahkan. tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk mengenalkan dunia IT dan telekomunikasi ke orang-orang indonesia, menginformasikan (pekerjaan di dunia it) hal-hal apa saja yang dipersiapkan jika ingin berkarir didunia ini, sehingga diharapkan IT & telekomunikasi indonesia akan lebih baik lagi.

ok berikut ini listnya:

no. nama pekerjaan description hal yang perlu dipersiapkan
1 system administrator orang ini bertanggung jawab untuk mengurusi server-server yang digunakan organisasi tergantung organisasinya. ada yang windows-based, linux-based, freebsd, solaris, dll. disarankan mempunyai pengalaman mengadministrasi server dan mempunyai sertifikasi yang relevan. misal: redhat, solaris, ubuntu, freebsd, microsoft, dll
2 network administrator orang ini bertanggung jawab untuk mengurusi network dari organisasi sesuai jobdescnya, maka orang ini akan bertanggung jawab terhadap perangkat networking. e.g. router, switch, access points. disarankan mempunyai pengalaman mengadministrasi server dan mempunyai sertifikasi yang relevan. misal: mikrotik, cisco, juniper
3 RSS (radio sub system) engineer orang ini bertanggung jawab pada perangkat Radio: BTS, BSC. node B GSM/UMTS operation (biasanya perlu training khusus dari vendor perangkat), terampil dalam mengoperasikan perangkat vendor yang dipakai (ericsson/siemens/nokia/huawei, dll), jika perangkatnya menggunakan teknologi IT (oracle database, solaris, linux, dll) akan lebih baik jika yang bersangkutan punya sertifikasi hal tersebut.
4 NSS (network subsystem( engineer orang ini sering disebut juga core-network engineer. orang ini bertanggung jawab pada perangkat core network: MSC. HLR, HSS GSM/UMTS operation (biasanya perlu training khusus dari vendor perangkat), terampil dalam mengoperasikan perangkat vendor yang dipakai (ericsson/siemens/nokia/huawei, dll), jika perangkatnya menggunakan teknologi IT (oracle database, solaris, linux, dll) akan lebih baik jika yang bersangkutan punya sertifikasi hal tersebut.
5 OMS (operation maintenance subsystem) OMS berguna untuk melakukan monitoring perangkat RSS & NSS. OMS engineer bertanggung jawab pada perangkat OMS. server monitoring core network, server monitoring radio. jika pada saat monitoring ditemukan error, maka engineer ini akan berkoordinasi dengan pihak terkait. GSM/UMTS operation (biasanya perlu training khusus dari vendor perangkat), terampil dalam mengoperasikan perangkat vendor yang dipakai (ericsson/siemens/nokia/huawei, dll), jika perangkatnya menggunakan teknologi IT (oracle database, solaris, linux, dll) akan lebih baik jika yang bersangkutan punya sertifikasi hal tersebut.
6 drive-test engineer orang ini bertugas untuk mengukur kualitas signal, mengecek blankspot, mengecek komplain yang terkait dengan signal paling tidak orang ini perlu mengerti tentang fundamental GSM/UMTS. mengerti menggunakan tools yang dipakai (e.g. TEMS, mapinfo). punya kemampuan analisis yang baik
7 network planning / optimisation orang ini bertugas untuk melakukan planning network (e.g. menentukan apakah perlu menambah BTS baru). melakukan optimisasi (e.g. tunung parameter agar kualitas sugnal menjadi baik). mereka juga mengambil data dari dari drive-test untuk dianalisis lebih lanjut. orang ini perlu mengerti tentang fundamental GSM/UMTS. mengerti menggunakan tools yang dipakai (e.g. TEMS, mapinfo, planning), mengerti parameter yang digunakan dalam optimisasi, punya kemampuan analisis yang baik.
8 packet core/SGSN/GGSN engineer orang ini bertugas untuk instalasi/konfigurasi perangkat yang berkaitan dengan PS (packet switch) seperti GGSN, SGSN, router, dll. orang ini perlu mengerti tentang fundamental GSM/UMTS. mengerti GPRS operation, mengerti IP technology dan layanan berbasis IP. punya kemampuan analisis yang baik, dan disarankan punya sertifikasi networking (e.g. mikrotik, cisco, juniper)
9 helpdesk / support disetiap perusahaan modern, hampir semua karyawan menggunakan komputer dalam kerjanya. helpdesk akan meladeni karyawan lain jika user tersebut kesulitan menggunakan layanan. mis: komputernya ngadat, kena virus, dll orang ini perlu tahu menggunakan komputer lebih dari karyawan biasa, akan lebih baik jika punya sertifikasi keahlian komputer.
10 VAS (Value Added Service) engineer tentang VAS dapat dilihat disini. orang ini perlu mengerti tentang fundamental GSM/UMTS. mengerti tentang VAS operation. tergantung teknologi yang dipakai (windows based, linux/unix based) sebaiknya mempunyai sertifikasi yang relevan.
11 project manager project manager ada di setiap perusahaan. tugas utama project manager adalah mendeliver project agar tidak telat, tidak overbudget, dan memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan sesuai spec. posisi ini adalah bukan entry level. biasanya memerlukan pengalaman yang cukup karena project manager adalah kombinasi technical & managerial. skill komunikasinya harus bagus, kemampuan berbahasa inggris adalah keharusan di multinational company.
12 SITAC (site acquisition) operator memerlukan site untuk meletakan perangkatnya (BTS), nah bagian SITAC ini akan bertugas untuk membeli/menyewa lahan tsb, nego dengan pemilik, dealing dengan orang2 daerah tsb, dll perlu kemampuan negosiasi, kemampuan komunikasi
13 programmer / software engineer sesuai namanya, orang ini bertugas untuk melakukan pemrogramman untuk mendevelop software, bug-fix, dan kadang ngetest juga tergantung bahasa pemrogramman yang dipakai (C, C++, .net, PHP, java, dll) programmer perlu menguasai bahasa pemrogramman tempat dia bekerja. terkadang di sebuah project besar, programmer juga perlu tahu OS (operating system) karena OS tersebut adalah platform yang dipakaioleh softwarenya.
14 consultant sesuai namanya konsultant mempunyai tugas spesifik sesuai kontak yang dibuatnya. kadang engineer2 diatas ketika merasa cukup skill, mereka keluar dari perusahaannya, dan menjadi konsultan. lihat artikel ini untuk lebih detil. tidak jarang seorang konsultant banyak bekerja sebagi expatriate di luarnegeri. ini bukan posisi entry level. seorang konsultant biasanya mempunyai pengalaman yang banyak dan dalam tentang sebuah teknologi. sehingga mereka daat memberi advice atau mengerjakan tugas spefisik tersebut. skill komunikasi, english, presentation, adalah penting bagi konsultan.
15 operation manager orang ini bertugas untuk memastikan bahwa kegiatan operasional berjalan dengan baik. jika ada trouble (mis: BTS mati) maka manager ini akan berkoordinasi dengan bagian lain untuk mengatasi masalah ini ini bukan posisi entry level. seorang manager operasional biasanya berasal dari engineer juga, punya banyak pengalaman teknikal. skill komunikasi, english, presentation, adalah penting bagi bagi mereka.
16 technical sales ketika menjual sebuah produk teknologi, bagian sales perlu mempunyai orang yang mengerti produk yang dijual secara teknis dan mendalam. untuk itulah diperlukan technical sales. biasanya bukan posisi entry level. technical sales biasanya orang yang mengerti product yang dijual perusahaannya dengan baik, mengerti limitnya, mengerti error-errornya.
17 analyst dalam sebuah software house, biasanya memerlukan analyst untuk menganalisis requirements yang diberikan klien dan menterjemahkannya ke dalam bentuk teknis (DFD, ERD, spec) yang kemudian dikerjakan oleh programmer atau bagian lainnya biasanya bukan posisi entry level. biasanya berasal dari programmer. mempunyai communication/presentation skill yang baik, mempunyai skill teknis yang baik, berpengalaman cukup, dan punya kemampuan analyses yang baik
18 DBA (Database Administrator) posisi ini biasanya ada di perusahaan yang besar (banking, telco, oil, mining, etc). tugasnya untuk manage database yang digunakan perusahaan tsb. database memuat informasi sensitif, karena itulah tidak semua orang punya akses kesana mempunyai skill teknis yang baik tentang database yang dipakai. mempunyai sertifikasi (oracle database, mysql, postgresql) akan lebih baik.
19 integration engineer ketika sebuah teknologi jadi diadopsi (baca: dibeli) oleh sebuah organisasi, maka orang ini akan bertugas untuk mengintegrasikan teknologi ini ke organisasi biasanya bukan posisi entry level. perlu mengetahui banyak teknologi terutama yang dipakai oleh perusahaan maupun dari produk yang dipakai.
20 security engineer jika perusahaan semakin besar, maka diperlukan pula orang khusus yang mengurusi masalah security. baik security, network, system, maupun aplikasi. dia memastikan bahwa security dilakukan dengan baik. misal: konfigurasi firewall, role, dll. orang ini memerlukan skill OS yang dipakai (solaris, linux, windows) akan lebih baik jika punya sertifikasinya. mengerti jaringan komputer dengan baik, akan lebih baik jika punya sertifikasinya (mikrotik, cisco, dll). mengerti menggunakan tools security. akan lebih baik jika punya sertifikasi security juga.
21 Auditor sesuai namanya auditor bertugas untuk mengaudit sebuah organisasi. auditor IT akan bertugas untuk memeriksa implementasi IT dan membandingkannya dengan standar atau spesifikasi. agar dapat mengaudit dengan baik, auditor perlu mampunyai skill diatas orang rata-rata. perlu mengerti OS, database, standard IT, networking, dll. masak yang diaudit lebih pinter dari yang mengaudit? hehehe. auditor juga punya sertifikasi juga. mis: CISA
22 ERP (Enterprise Resource Planning) consultant dari namanya, orang ini akan bertanggung jawab dalam konsultasi implementasi/konfigurasi aplikasi ERP. tergantung aplikasi ERP yang dipakai. untuk menjadi konsultant ERP, diperlukan kemampuan teknis yang memadai, komunikasi, presentasi, dll. salah satu pembuat software ERP yaitu SAP juga mengeluarkan sertifikasi produknya.
23 technical writer sesuai namanya technical writer bertugas untuk menulis dokumentasi dari software/product yang dibuat. biasanya kalo projectnya sudah besar banget kemampuan menulis yang baik, mahir menggunakan word processor. mengerti bagian teknis. pekerjaan di dunia it
24 procurement bagian ini dikenal juga sebagai bagian pengadaan. mereka bertugas untuk menerima requirements pengadaan dari department lain kemudian melakukan nego dengan supplier. memerlukan kemampuan komunikasi yang baik, teknis, skill negosiasi. procurement mempunyai prosedur standar yang umum dijalankan, sehingga ada sertifikasinya juga. dibeberapa perusahaan, implementasi procurement yang tidak standard akan dicurigai oleh auditor sebagai sebuah indikasi penyimpangan.
25 Quality Assurance / tester bagian ini bertugas untk memastikan bahwa product/software yang dibuat adalah sesuai spec. jika orang QA bilang productnya belum layak untuk di release, ya berarti belum direlease di software house, orang QA biasanya dulunya adala programmer juga. jadi ngerti tentang bug suatu product.
26 web developer web developer sering disebut juga web programmer. mereka bertugas untuk menulis kode-kode untuk sebuah aplikasi berbasis web. karena berkaitan dengan web, maka web developer perlu mengetahui HTML, CSS, javascript, database SQL, dan mengerti cara kerja HTTP. beberapa bahasa pemrogramman juga punya sertifikasinya.
27 web designer web designer bertugas untuk mendesain website, mengatur layout, mengatur warna, dll. jadi lebih ke artistik dari sebuah website. meskipun tugasnya bukan programming, designer web juga perlu mengerti hal-hal dasar seperti HTML, CSS, layout, dll.
28 trainer sesuai namanya, orang ini bertugas untuk mengajar It kepada orang lain. tergantung dari training yang diajarkan. beberapa training mensyaratkan trainernya harus sudah bersertifikasi dahulu sebelum diperbolehkan mengajar.
29 NOC (Network Operation Center) / OMC (operation & maintenance Center) Sesuai namanya orang ini bertugas untuk melakukan monitoring (pemantauan) terhadap perangkat2 Network (Router, Switches, links, firewall, dll). seiring dengan bertambahnya element pada network, nama perangkat yang dimonitor lebih banyak lagi. misal: server, listrik, bandwidth, traffic, dll.

pada perusahan yang beroperasi 24 jam (misal: telco, gas, banking) pekerja OMC biasa bekerja dengan shift

karena berkaitan dengan network, maka pekerja OMC perlu punya pengetahuan yang terkait dengan network dan teknologi yang berkaitan dengan itu. misal: OSI layer, addressing, protocol analyser, OS (linux, windows).

sertifikasi yang terkait: vendor network (mikrotik, cisco, juniper, etc), vendor virtualisasi (vmware, proxmox), vendor OS (linux foundation, redhat, microsoft, etc), teknologi layer 2 (vsat, frame relay, wireless, LTE, 3G, ethernet, MPLS, etc)

30 Document controller Posisi ini biasanya muncul ketika ada pekerjaan yang project-based seperti telco/IT/oil-and-gas. Setiap project pasti banyak dokumen yang harus disiapkan. misal: spec teknis, laporan kemajuan, penjadwalan, kontrak kerja, dll. nah tugas document controller adalah mengurusi dokumen-dokumen ini. Document controller biasanya bertanggung jawab langsung pada project manager. karena banyak berhubungan dengan project dan dokumen, maka sebaiknya document controller mempunyai kemampuan pengarsipan yang baik, mengertahui aplikasi office (contoh: word, excel, powerpoint, visio). jika mempunyai pengetahuan tentang project management (misal PMP) akan jauh lebih baik.

tergantung skala perusahaan, jika perusahaan masih kecil, maka tasksnya juga masih sedikit, network masih kecil, database ngak besar, requirements masih simple, sehingga banyak posisi diatas dihandle oleh satu orang. situasi ini cocok untuk belajar karena kita akan belajar banyak hal secara terintegrasi.

tergantung perusahaan, kadang sebuah perusahaan mempunyai nama posisi yang berbeda untuk jodesc yang sama, atau sebaliknya jobdesc sama tapi nama posisinya beda, atau ada perusahaan yang membuat nama posisinya sendiri (mis: swap engineer. hehehe).

semoga berguna bagi yang membaca artikel pekerjaan di dunia it

URL pendek: http://wp.me/pRkxT-YU

13 Comments

  • harga speed boat

    Setelah lulus SMA dulu saya berkeinginan banget masuk di PTN jurusan IT tapi setelah lihat jumlah kursi dan pendaftar langsung deh ambil jurusan yang agak sepi peminat asal masuk PTN. padahal kalo dilihat diatasa prospek kerja IT yang mas sebutkan banyak juag yah. agak nyesel dulu knapa tdk pilih IT, salam hangat dari jual speed boat

  • @lukman: pekerjaan utama drive tester adalah ngetest sinyal di area tertentu. teknisnya, anda akan jalan-jalan keliling area tersebut dengan kendaraan. tentu skill yang diperlukan adalah dasar GSM, GSM operation, cara pakai perangkat drive test, pengtahuan tentang GIS

  • gan mau tanya….. saya lulusan dari SMA mau keingginan tentang IT. mengapa orang lain bisa hacker web. kalau itu bisa deteksi dari mana kita tahu orang itu…?dan
    juga hacker ada software tapi ada software lain untuk mengdeteksikan masalah itu….?

  • thamrin

    mau nanya dong … apakah datacenter monitoring bagian dari IT ? klo ya , apa saja jobdesc nya.. thx

  • @idho: pekerjaan yang gajinya gede adalah pekerjaan yang demandnya tinggi, tapi supplynya sedikit

    @thamrin: untuk datacenter monitoring termasuk dalam NOC / OMC. sudah saya update diatas ya

  • ibnu

    mau tanya saya baru kerja di bidang telekomunikasi. saya ditempatkan sebagai Project Document katanya sih bagian Report dan gambar bangunan Tower. tapi di tulisan bapak ga ada. klo boleh tau sebenernya yang harus di perhatikan/ tugas pokok dan fungsinya apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *