Achmad Mardiansyah's Journal

manage your knowledge by writing it

Tips menjawab pertanyaan multiple choice multiple answer

without comments

multiple choice multiple answer

multiple choice multiple answer

Pada kuliah semester ini, kita mencoba sesuatu yang baru yaitu ujian online dimana peserta akan mengakses website ujian dan mengerjakan soal langsung disana. Salah satu tipe soal yang kita sering buat adalah Multiple-choice-Multiple-answer, yang artinya peserta akan diberi pilihan jawaban, dimana jawabannya bisa hanya 1 saja atau lebih dari 1. FYI, ujian online sertifikasi mikrotik, cisco, dan vendor lainnya juga ada yang bertipe seperti ini. Sehingga ada baiknya juga jika kita mengerti cara menjawab tipe soal ini. 

Pertanyaan yang sering ditanyakan siswa adalah, “bagaimana penilaiannya?”, “bagaimana jika saya memilih salah satu jawaban benar dan satu jawaban salah?”, dst…

Dari sisi pembuat soal, mereka telah mensetting bahwa jika anda memilih opsi yang benar, maka anda akan mendapat point positif, jika anda memilih opsi yang salah, maka anda akan mendapat poin negatif. jumlah point positif dan negatif pada setiap opsi adalah terserah si pembuat soal. sehingga score dari jawaban anda akan didapat dari penjumlahan ini.

Contoh:

opsi poin
A +50
B -50
C +50
D -60
E -70

Jika anda memilih A & B, maka score anda adalah 0. Jika anda memilih C & D, maka score anda adalah -10. dan seterusnya…

Kesimpulan, ini adalah tipe soal yang cukup merugikan score anda jika tidak hati-hati. Disarankan untuk memilih opsi yang benar2 anda yakini kebenarannya. Melakukan gambling pada tipe soal seperti ini adalah sangat merugikan. Jadi sekali lagi, jangan gegabah.

Semoga bermanfaat bagi pembaca

 

Written by Achmad Mardiansyah

May 18th, 2014 at 3:19 pm

Leave a Reply