Achmad Mardiansyah's Journal

manage your knowledge by writing it

sekarang gmail mengabaikan karakter “.” pada nama email

without comments

gmailJadi sekarang, gmail mengabaikan karakter “.” pada nama email. Akhir-akhir ini saya merasa menerima email yang bukan milik saya. email saya adalah a.mardiansyah@gmail.com (ada karakter titik disana). namun ketika email sampai ke inbox saya, tujuan emailnya adalah amardiansyah@gmail.com (tanpa karakter titik). nah loooo. mungkin adalah email nyasar dimana yang pengirim salah mengetik alamat email. iseng-iseng saya mencari tahu ini dan ternyata sekarang sekarang gmail mengabaikan karakter “.” pada nama email.

kalau begitu manakah email yang valid? jadi sekarang, amardiansyah@gmail.com dan a.mardiansyah@gmail.com adalah sama. dua-duanya valid dan tetap milik saya. asyiikkk.

kalau begitu apakah saya perlu buat 2 email? tidak perlu. anda hanya cukup membuat 1 email saja (terserah mau pakai titik atau tidak) dan google akan meng-ignore semua karakter titik pada email anda.

kalau begitu kenapa titiknya di ignore oleh google? well, ketika mengetik email, kadang kita sering melakukan kesalahan penulisan email yang harusnya pakai dot, ditulis tanpa dot dan sebaliknya. email dengan underscore (garis bawah) ditulis tanpa underscore. hasilnya, emailnya salah alamat dan tidak sampai tujuan, atau salah masuk inbox.

nah menurut saya, google mencoba berpikir out-of-the box: daripada kita repot-repot membuat teknologi untuk mencegah salah ketik email (dimana rada susah untuk dibuat karena google tidak punya kontrol atas pikiran dari pengguna), mending nama emailnya aja yang dibuat sederhana, jangan pakai karakter ini dan itu. sehingga pada registrasi email google yang baru, dia hanya mensyaratkan karakter alfanumerik (alfabet dan angka) saja. karakter lain tidak diperbolehkan.

nah kalaupun ada yang iseng mengirim email dengan tujuan akun gmail dengan menggunakan karakter titik “.” entah dimanapun disisipkan karakter tersebut, maka google akan mengabaikannya.

nah buat kamu-kamu yang menjadi admin email server, kebijakan ini layak untuk dicoba. lumayan banget untuk menghindari salah kirim.

nah videonya bisa dilihat disini ya:

Written by Achmad Mardiansyah

July 1st, 2014 at 12:19 am

Leave a Reply