Achmad Mardiansyah's Journal

manage your knowledge by writing it

Sukses kuliah: menjawab quiz / exam

with 2 comments

Pada serial sukses kuliah┬ákali ini, kita akan membahas topik yang juga sering ditanyakan oleh siswa: bagaimana menjawab pada quiz / exam? ­čÖé ok, berikut ulasannya

ok ok.. saya sudah mengerti kenapa kita perlu asessment, tapi nilai saya ketika quiz/ujian begitu-begitu saja, tidak ada peningkatan?

coba introspeksi lagi deh, baca artikel sebelumnya.

apa yang dilihat dosen ketika memeriksa submission quiz/exam siswa?

tergantung type pertanyaannya. berikut ini tipe dan tips menjawabnya

  1. Tipe Multiple Choice Single Answer (MCSA). ini artinya anda hanya memilih 1 opsi dari beberapa pilihan. tipsnya sederhana: baca baik2 suruhannya kemudian pilih jawaban yang paling tepat. hati2 jika soalnya anda rasa terlalu mudah, bisa jadi ada jebakan disana. baca baik-baik soalnya, jangan pernah meremehkan.
  2. Tipe Multiple Choice Multiple Answer (MCMA). ini artinya anda memilih 1 atau lebih dari beberapa pilihan jawaban. sudah pernah dibahas disini.
  3. Tipe True/False. ini artinya anda hanya pilih 1 jawaban saja: true / false. tips: anda perlu baca statemennya kemudian tentukan apakah statemen ini benar atau salah.
  4. Essay. ini artinya anda menulis jawaban essay untuk soal yang ditanyakan. tips:
    1. Jawab dengan langsung dan jelas. jangan muter2, langsung ke topik persoalan.
    2. Salah besar jika anda berpikir semakin panjang jawaban anda maka semakin besar pula kemungkinan benarnya. ingat anda adalah calon engineer, & engineer itu selalu bicara efektivitas & efficiency. kalao bisa hemat, kenapa harus boros? kalau bisa sedikit, kenapa harus banyak?
    3. gunakan keyword yang tepat dalam jawaban anda. karena keywords inilah yang akan dicari oleh examiner. tidak perlu mengarang panjang, jika keywordnya sudah kena, marking anda akan benar.

Saya sudah menjelaskan dengan panjang & lebar pada soal essay. tapi nilainya kok tidak sesuai?

Tidak perlu mengarang panjang. yang penting keywordnya kena. yang sering terjadi adalah jawaban yang tidak nyambung dengan pertanyaan.

Saya panik ketika quiz/exam. apa yang saya lakukan?

Jika anda panik, berusahalah untuk tenang. Panik atau tenang adalah sebuah pilihan. kenapa harus tenang? karena jika terus panik tidak akan merubah soal jadi murah, kepanikan tidak membuat pikiran anda menjadi lebih terang.

jadi, tariklah nafas panjang, kemudian berusaha tenang. jika anda tetang otak anda akan dapat bekerja lebih baik.

Bagaimana supaya tidak panik ketika ujian?

cara agar tidak panik:

  1. latihan supaya tetap tenang. contoh: sering2 aja ikut ujian/try out. semakin anda familiar dengan environment, anda akan semakin tenang. practices makes perfect.
  2. persiapan yang cukup. sering terjadi, orang panik karena kurang persiapan. karena itulah persiapan itu penting sekali.

jadi intinya, ketika menjawab quiz, lakukan persiapan yang memadai, tidak perlu panik, baca pertanyaan dengan cermat, dan menjawab dengan efektif

Written by Achmad Mardiansyah

March 4th, 2015 at 4:17 am

2 Responses to 'Sukses kuliah: menjawab quiz / exam'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to 'Sukses kuliah: menjawab quiz / exam'.

  1. Buka2 belajar di LN Australia, nemu tulisan ini….wah tak baca smua mas..biarpun saya bukan org IT. Bisa di kata newbie study k LN dg biaya sendiri. Tulisanya sangat2 membantu….saya tunggu tulisan2 laennya, beasiswa dll…Moga tambah sukses ya mas…bagi2 ilmu tambah barokah dunia akirat.

    Andreas

    23 Jun 16 at 04:57

  2. @andreas: sama-sama, semoga sukses bersama ya. terima kasih telah berkunjung kemari ­čÖé

    Achmad Mardiansyah

    27 Nov 16 at 15:26

Leave a Reply