Wednesday, December 13

Tag: opensolaris

End of free sun solaris, now it’s oracle solaris with 90 days trial

End of free sun solaris, now it’s oracle solaris with 90 days trial

*NIX-world, Technology
Hari ini sempat baca linux journal tentang kebijakan oracle atas OS Solaris. Mulai sekarang, ada kebijakan baru tentang lisensi OS Solaris. Kalo dulu, Solaris boleh dipakai untuk komersial atau pribadi untuk waktu yang unlimited. Sekarang oracle hanya ngasih 90 hari saja untuk trial. Berikut quotes nya: Please remember, your right to use Solaris acquired as a download is limited to a trial of 90 days, unless you acquire a service contract for the downloaded Software. lisensi oracle solaris yang baru dapat diakses di sini. opensolaris? mysql? java? any comments?

Setting DNS client di opensolaris

*NIX-world, Technology, Telekomunikasi & networking
saya dapat pertanyaan: kenapa setelah install osol kok ngak bisa ngenet? ngak bisa resolve DNS juga, padahal /etc/resolv.conf udah bener. :-( hmmm… berarti kamu blom ngerti proses resolve DNS di UNIX system. berikut ini penjelasannya 1. OS pertama kali akan melihat /etc/nsswitch.conf nsswitch.conf berfungsi untuk menentukan tahap2 resolving object. contoh object yang di resolve: passwd, hostname, networks, etc. untuk resolve hostname pastikan di “/etc/nsswitch.conf” ada tulisan: hosts: files dns artinya: - OS akan meresolve sebuah nama host dengan melihat file dalam hal ini /etc/hosts - jika /etc/hosts tidak ditemukan, maka query DNS server. lihat step 2 dibawah. 2. OS akan melakukan query ke DNS server yang terdaftar di /etc/resolv.conf pastikan di /etc/resolv.conf ada

Setting IP address di opensolaris / solaris

*NIX-world, Technology, Telekomunikasi & networking
Q: mas, cara setting ip address di opensolaris gimana yah? A. menggunakan nwam (network auto magic) 1. edit file konfigurasi # vi /etc/nwam/llp e1000g0 static 192.168.1.17 iprb0 dhcp artinya: interface e1000g0 menggunakan ip static interface iprb0 menggunakan dhcp 2. jika ada perubahan pada file diatas, restart nwam # svcadm restart nwam pendapat pribadi: nwam masih banyak bug. kalo anda menjalankan server, sebaiknya matikan nwamnya. B. konfigurasi tanpa nwam: matikan service nwam: # svcadm disable network/physical:nwam 1. kamu harus tahu nama interface yang ada di mesin solaris kamu. caranya: # dladm show-link 2. buat file yang extentionnya adalah nama interface. file tersebut berisi ip addres yang akan di pakai oleh interface tersebut. # vi /etc/hostname.e100...

Setting Default gateway/router di solaris/opensolaris?

*NIX-world, Technology, Telekomunikasi & networking
tanya dunk mas, Q: cara setting Default gateway di opensolaris? caranya: 1. kamu bisa buat script sendiri yang berisi perintah untuk membuat default routing. script ini di jalankan ketika booting, dan dapat diletakkan di /etc/rc2.d. 2. jika ingin otomatis di eksekusi ketika booting bisa dengan mengedit file /etc/defaultrouter kemudian masukkan ip address gateway. contoh: # vi /etc/defaultrouter 192.168.1.1 ini artinya kamu mensetting default route ke 192.168.1.1. Q: cara ngecek routing table atau default gateway? # netstat -rn Q: jika mesin lagi running, dan saya ubah /etc/defaultrouter, gimana caranya supaya default routenya berubah tanpa restart mesin? solaris punya daemon yang tugasnya membuat default route berdasarkan informasi dari /etc/defaultrouter. jadi kalo kamu s...

Solaris ZFS, basic concepts

*NIX-world, Technology, zfs
Saya jawab seadanya dulu yah, versi lengkap tentang Solaris ZFS sedang dibuat jadi artikel. Q: Apa sih yang menyebabkan zfs dikatakan filesystem yang cepat? A: ini cepat dalam hal apa? read ato write? operasi read pada ZFS adalah lebih cepat: - karena dia pake algoritma ARC yang bisa memprediksi data yang akan dibaca. - karena dia pake COW (lihat penjelasan dibawah) - pada pool standar, ZFS pake dynamic striping, jadi data yang ditulis akan disebar kebeberapa disks. Sehingga kalo membaca data yang diambil dari beberapa disks, maka hasilnya akan lebih cepat toh? maaf kalo jawabannya baru segini karena saya memang tidak masuk dalam team developer ZFS. nah, kamu kan kliatannya tertarik tu... kenapa tidak gabung aza? sapa tau bisa jadi employee sun microsystem loh... gimana ngak keren...

Hardware saya kedetect Solaris ga sih?

*NIX-world, Technology
Sering kita dengar pertanyaan berikut: "hardware xxx apakah sudah dipakai di solaris?" "Kalo pake solaris, ntar hardware saya kedetect g yah?" "saya sudah install solaris, kenapa suaranya hilang?" "payah ni, udah capek2 install, ternyata belom di support" Pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh para newbie. Sun Microsystem sebagai pembuat Solaris/Opensolaris sudah pasti mikirin pertanyaan ini dengan membuat tools untuk mengecek apakah hardware anda sudah disupport solaris atau belum. Dari sisi user, tools ini sangat bermanfaat sehingga kita tidak perlu buang waktu untuk trial and error. Artikel dapat diakses disini: Achmad-Hardware saya kedetect Solaris ga sih

Apa bedanya: solaris, opensolaris, solaris express?

*NIX-world, education, Technology
Q: apa bedanya: solaris, opensolaris, solaris express? A: mirip seperti LINUX. Jika kamu ngomong linux, linux itu adalah nama kernel saja. Kalo kamu ngomong slackware, fedora, suse, dll, secara konsep itu bukan linux, tapi distro linux. Sehingga kamu bakal salah jika menyebut: linux slackware, linux fedora, dll. Yang benar adalah: distro linux slackware, distro linux fedora. But karena banyak orang awam tentang ini, maka semua dah pada maklum. OS ngak bisa berguna banyak kalo cuman berisi kernel saja toh? Microsoft windows yang cuman kernel saja gak bakal bisa memberikan manfaat toh? maka dari itulah ditambahkan program standar, misal: notepad, cmd, paint, dll sehingga, jadilah distro windows. Jadi distro adalah: kernel + program aplikasi lain, kemudian dibundle kedalam media instala...